Sukses

Mirip Manusia, Penampakan 5 Hewan Ini Gegerkan Dunia

Berikut ini binatang yang memiliki organ atau ciri-ciri mirip manusia yang dilaporkan pernah terjadi di negara lain dan bikin heboh.

Liputan6.com, Jakarta - Kemunculan hewan mutan di beberapa tempat kerap membuat heboh masyarakatnya. Sebab, penampakan mereka dianggap mirip manusia. Tak jarang, kehadirannya dikaitkan dengan titisan dewa.

Penemuan terbaru ada di Uttar Pradesh, India Utara, di mana anak sapi yang baru lahir terlihat memiliki wajah mirip dengan sosok manusia.

Dari rekaman video yang beredar, terlihat bayi hewan dengan wajah seperti manusia di tempat penampungan hewan itu dengan cepat menjadi viral.

Beberapa binatang yang memiliki organ atau ciri-ciri mirip manusia juga dilaporkan pernah terjadi di negara lain. Berikut di antaranya, yang Liputan6.com rangkum dari beragam sumber pada Senin (5/6/2017).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Anak Sapi Berwajah Mirip Manusia

Dalam rekaman yang dikutip dari Daily Mail, Sabtu 3 Juni 2017, terlihatlah anak sapi yang membuat heboh masyarakat Muzaffarnagar, Uttar Pradesh, India utara. Ia memiliki mata, hidung dan telinga yang menyerupai manusia. Sementara bagian bawah tubuhnya seperti sapi pada umumnya.

Bayi sapi itu mati satu jam setelah lahir pada 1 Juni 2017 waktu setempat.

Begitu berita kelahiran anak sapi itu tersebar, penduduk setempat dari desa-desa terdekat berkumpul untuk mencari berkah. Mereka percaya itu adalah titisan Dewa Wisnu, Dewa Hindu.

Warga setempat percaya anak sapi itu adalah 'Gokaran' -- salah satu inkarnasi Dewa Wisnu. Kini masyarakat pun berencana membangun sebuah kuil untuknya.

Jika masyarakat di Uttar Pradesh berpikir kelahiran anak sapi berwajah mirip manusia itu adalah titisan Dewa India, tak demikian dengan para ahli kesehatan hewan. Mereka memiliki pandangan berbeda dan menampik kisah mistis di baliknya.

"Ini adalah kasus anomali anatomi. Jika gen tidak berkembang dengan baik atau ada kesalahan, hal itulah yang menyebabkan beberapa kelainan struktural, dan anomali seperti itu bisa saja terjadi," jelas Dokter hewan senior di Wildlife SOS India, Dr Ajay Deshmukh.

"Inilah alasan ilmiah dan penjelasannya, tidak ada takhayul di sini," imbuh Dr Ajay.

3 dari 6 halaman

2. Bayi Kambing Berwajah Manusia

Kelahiran bayi kambing di Desa Felda, Malaysia, membuat geger warga di sana. Sebab hewan itu memiliki rupa mirip dengan anak manusia. Mereka pun mencari tahu apa gerangan yang terjadi dengan binatang tersebut.

Tak sedikit warga yang heran bergegas mendatangi kediaman petani bernama Ibrahim Basir.

Dikutip dari News.com.au edisi 28 April 2016, walaupun memiliki perawakan mirip bayi manusia, kambing itu tidak memiliki tali pusat.

Wajah, hidung, kaki-kakinya yang pendek dan bahkan kondisi tubuh lembutnya mirip seperti bayi manusia, tapi bulu coklat sekujur tubuhnya memang bulu kambing. (Sumber news.com.au)

Pria berusia 69 tahun itu mengatakan, walaupun anak kambing mati sesaat setelah dilahirkan, banyak yang ingin memiliki bangkai binatang itu.

Basir mengaku dihubungi sejumlah pihak yang menawarkan untuk membeli bangkai hewan itu. Tapi ia memutuskan untuk menyumbangkannya kepada pihak berwenang bidang peternakan.

Keanehan pada anak kambing itu memicu tanggapan banyak orang, yang mengaitkannya dengan makhluk jadi-jadian setengah kambing dan manusia dari dunia gaib.

4 dari 6 halaman

3. Babi Berwajah Mirip Manusia

Kelahiran bayi babi mutan yang disebut-sebut memiliki wajah mirip manusia membuat heboh masyarakat wilayah selatan China. Banyak orang berbondong-bondong menyambangi lokasi makhluk aneh itu, bahkan tak sedikit dari mereka rela memberikan uang, yang nilainya sukarela, demi bisa melihatnya lebih dekat.

Klaim bahwa babi milik seorang petani Tiongkok memiliki rupa manusia dengan cepat menyebar. Teman dan tetangga pria bernama Tao Lu bergegas ke kediamannya yang berada di Kota Yanan di Nanning, China Selatan setelah berita tentang babi mutan itu menyebar dari mulut ke mulut.

Banyak orang berbondong-bondong menyambangi lokasi kelahiran bayi babi mutan yang disebut-sebut mirip wajah manusia itu,

"Saya adalah salah satu dari puluhan orang yang ke sana untuk melihat anak babi tersebut, dan wajahnya benar-benar mirip manusia. Persis. Ada seperti alat kelamin lelaki tumbuh pada dahinya," jelas penduduk lokal bernama Wu Kung yang memposting gambar jepretannya di media sosial seperti dikutip dari News.com.au edisi 10 Februari 2015.

Wu menuturkan, bayi babi itu awalnya hidup dan menggeliat. Tapi tak lama kemudian mati, karena ditolak disusui sang induk atau makanan cair dari botol.

Petani Tao mengatakan, seorang kolektor meneleponnya, siap membayar mahal untuk seekor bayi aneh tersebut.

 

5 dari 6 halaman

4. Ikan Mirip Manusia

Seekor ikan carp -- sejenis ikan mas dan gurami -- di Wugang, Provinsi Hunan, China memiliki daya tarik luar biasa, yang membuat banyak orang berduyun-duyun datang untuk melihatnya. Apa alasannya?

Menurut beberapa orang, ikan mas tersebut memiliki pola yang membentuk wajah manusia di badannya.

Dikutip dari Daily Mail edisi 12 Mei 2016, hewan itu merupakan milik seorang guru SD di Wugang bernama Qiu Xiaohua.

Ia menangkap ikan berukuran 36 sentimeter tersebut di sebuah reservoir -- tempat penampungan air -- pada 30 April lalu.

Foto hewan itu telah dibagikan di situs media sosial yang populer di China, Weibo. Beberapa tanggapan dari pengguna pun muncul.

Ini penampakan ikan mas yang diklaim memiliki pola seperti wajah manusia (CEN)

Menurut salah seorang pengguna Weibo, pola yang terdapat di badan ikan mas lebih mirip dengan bebek daripada wajah manusia.

"Aku rasa ia mirip bebek," ujar salah seorang pengguna.

Pola yang membentuk wajah manusia bukan pertama kalinya muncul di tubuh ikan.

Pada tahun 2010, seorang tukang daging asal Essex, Inggris, menemukan ikan yang di badannya membentuk pola wajah manusia. Tanda pada hewan itu nampak seperti mata, hidung, dan mulut.

Atas kepemilikannya itu, ikan itu ditawar seharga 40 ribu poundsterling atau sekitar Rp 766 juta.

Ikan asal Wugang, China, tersebut sempat menghebohkan warga dan netizen (CEN)

Sebenarnya, penampakan pola wajah manusia atau bebek di tubuh ikan dapat dijelaskan secara ilmiah.

Apa yang dilihat orang-orang tersebut merupakan efek pareidolia -- fenomena psikologis yang cenderung mengenali bentuk akrab dalam gambar acak atau samar.

Contoh lain dari pareidolia misalnya ketika manusia menatap ke arah Bulan yang bersinar di langit malam, ada yang mengira melihat bayangan nenek atau kelinci.

6 dari 6 halaman

5. Bayi Domba Mirip Manusia

Penampakan bayi domba yang baru lahir, dengan wajah seperti manusia. Ada 2 garis yang terlihat seperti mata, hidung, mulut dan dagu.

Seperti dimuat The Australian dan dikutip Liputan6.com edisi Kamis 15 Mei 2014, video tersebut menunjukkan seorang dokter hewan memegang bayi domba baru lahir berwajah mirip manusia. Momen itu diyakini direkam oleh rekan dokter tersebut.

Staf kesehatan hewan di sebuah desa dekat Izmir, Turki yang memegang wajah makhluk agar dekat dengan kamera pun merasa aneh. Seperti dalam adegan film fiksi ilmiah.

Pada wajah bayi domba itu, ada 2 garis yang terlihat seperti mata, hidung, mulut dan dagu.

Dokter hewan, Erhan Elibol mengatakan, bayi domba mutasi itu dilahirkan melalui operasi caesar. Tapi ia tak menyangka wajah hewan itu mirip manusia.

"Saya pernah melihat mutasi pada sapi dengan domba sebelumnya. Saya juga pernah melihat lembu bermata satu, anak sapi berkepala dua, anak sapi berkaki lima. Tapi ketika saya melihat anak domba ini, saya tak percaya. Tapi saya tetap harus membantunya lahir," ujar Erhan.

Tapi sayang, bayi domba unik itu mati beberapa menit kemudian.

Sejauh ini, belum diketahui apa yang menyebabkan mutasi pada bayi domba malang tersebut. Meski diduga kuat pakan dengan asupan vitamin A yang dikonsumsi induknya, menjadi faktor penyebab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini