Sukses

Siaga Rudal Korut, Sejumlah Kota di Jepang Gelar Latihan Evakuasi

Sejumlah kota di Jepang menggelar latihan evakuasi demi menghadapi kemungkinan serangan rudal Korut.

Liputan6.com, Tokyo - Korea Utara belakangan intens melakukan uji coba rudal. Langkah ini meningkatkan kekhawatiran negara-negara tetangganya. Dalam beberapa kali tes, rudal Korut diketahui jatuh di Laut Jepang atau Laut Timur.

Fakta itu membuat Jepang dilanda ketakutan bahwa suatu saat rudal Korut dapat mencapai wilayahnya. Mengantisipasi hal itu, sejumlah kota pesisir di Negeri Sakura melakukan latihan evakuasi.

Seperti dilansir news.com.au, Senin (5/6/2017), latihan evakuasi digelar di kota Abu yang berjarak sekitar 800 kilometer di barat Tokyo. Kota ini berhadapan dengan Laut Jepang. Dalam latihan rudal balistik disimulasikan menghantam wilayah pegunungan di Prefektur Yamaguchi, kawasan di mana pangkalan udara Marinir AS berada.

Latihan evakuasi ini terjadi kurang dari satu pekan setelah uji coba rudal jarak pendek. Itu merupakan uji coba ke-12 sepanjang 2017.

Tayangan di televisi menunjukkan, anak-anak sekolah berpegangan tangan menuju gimnasium sekolah yang juga berfungsi sebagai pusat evakuasi setelah sirene berbunyi.

"Saya cukup tenang dan dapat dievakuasi dalam beberapa menit," ungkap Yuriko Suewaka (67), satu dari 280 orang yang terlibat dalam latihan tersebut kepada Jiji Press.

Latihan yang diselenggarakan oleh pemerintah pusat dan daerah ini sebelumnya juga dilaksanakan di prefektur Akira. Latihan serupa dikabarkan juga akan digelar di Yamagata dan Niigata pada akhir bulan ini.

"Pemerintah telah meminta masyarakat lokal untuk mempersiapkan latihan evakuasi," kata salah seorang pejabat Jepang yang enggan menyebut namanya.

Pejabat yang sama menambahkan bahwa kota Onojo di Prefektur Fukuoka pun menyelenggarakan latihan yang sama. Namun latihan digelar independen tanpa bantuan dari pemerintah pusat.

Negeri Sakura memiliki pengalaman buruk dengan rudal balistik Korut. Pada 1998, sebuah rudal balistik jarak menengah Korut diketahui meluncur ke bagian utara Jepang dan Pasifik barat.

Laju pembangunan rudal Korut telah meningkat dari waktu ke waktu. Sejak tahun lalu, posisi jatuh rudal semakin mendekati pantai Jepang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara yang terletak di Asi Timur. Negara ini dikenal dengan pemerintahannya yang otoriter
    Negara yang terletak di Asi Timur. Negara ini dikenal dengan pemerintahannya yang otoriter

    Korea Utara

  • Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.
    Jepang adalah negara yang disebut sebagai negara kepulauan karena memiliki lebih dari 6000 pulau disekitarnya.

    Jepang

Video Terkini