Sukses

Detik-Detik Aksi Polisi Buru Pelaku Teror di Jembatan London

Salah satu saksi mata merekam detik-detik respons polisi di sebuah bar dekat lokasi teror di London Bridge.

Liputan6.com, London - Inggris kembali dirundung peristiwa teror. Kali ini, aksi terorisme terjadi di London Bridge, tepat di jantung Ibu Kota Britania Raya.

Dikutip dari BBC pada Minggu (4/6/2017), aksi teror tersebut ditandai dengan sebuah kendaraan van yang menabrak pejalan kaki di London Bridge.

Mobil van tersebut melaju cukup kencang sekitar 80 km per jam, dan tiba-tiba menabrak ke arah pejalan kaki di trotoar. Akibat insiden ini, sejumlah orang terluka.

Salah satu saksi mata kejadian merekam detik-detik pascateror di London Bridge. Sebuah video berdurasi 46 detik merekam situasi di Katzenjammers Bar, sebuah kedai minuman yang berjarak tak jauh dari lokasi penabrakan di London Bridge.

Video yang diunggah oleh James Yates melalui akun Twitter-nya, @Yatesy17, mendokumentasikan situasi di dalam bar ketika sejumlah personel kepolisian London menyerbu masuk ke dalam Katzenjammers Bar. Peristiwa itu diikuti teriakan dan sikap panik dari para pengunjung bar.

"London Bridge bar sekarang. Polisi di mana-mana," kicau @Yatesy17 melengkapi informasi video yang diunggahnya.

Petugas kepolisian dengan sigap meminta para pengunjung bar untuk tiarap di lantai, merapat ke dinding, atau berlindung di bawah meja dan kursi. Aparat juga meminta agar para pengunjung bar untuk tidak panik dan tenang.

Sementara itu, kejadian teror di Borough Market London merupakan peristiwa penusukan dan terjadi beberapa menit setelah peristiwa London Bridge. Menurut saksi mata, setidaknya ada tiga orang yang membawa pisau dan melakukan penusukan kepada sejumlah individu di kawasan pasar London tersebut.

Sejumlah saksi mata bahkan mendengar sejumlah pelaku berteriak "ini untuk Allah" saat melakukan penusukan di
Borough Market, demikian seperti yang diwartakan oleh Telegraph.

Setidaknya terdapat enam korban tewas dan sekitar 30 korban luka atas peristiwa teror di London Bridge dan Borough Market London. Polisi juga menyatakan bahwa pihaknya telah menembak mati tiga pelaku teror dalam insiden itu. Ketiganya berkostum rompi dengan kaleng seakan-akan itu adalah bom. 

Hingga saat ini, kepolisian London tengah mendalami kasus yang "berpotensi mengandung unsur terorisme" tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.