Sukses

Di Athena, Upacara Hari Lahir Pancasila Sekaligus Buka Puasa

Liputan6.com, Athena - Upacara peringatan hari Lahir Pancasila tahun 2017 juga diselenggarakan di KBRI Athena, Yunani pada Kamis 1 Juni 2017 pukul 19.00 waktu setempat. Dihadiri oleh seluruh staf KBRI Athena, pengurus DWP KBRI Athena, pelajar Indonesia dan masyarakat Indonesia di sana.

Upacara berlangsung tertib dan khidmat.​ Mempertimbangkan 1 Juni adalah hari kerja di Yunani, serta untuk memberikan kesempatan luas bagi masyarakat Indonesia mengikuti upacara, maka peringatan Hari Kelahiran Pancasila dilaksanakan sore hari sekaligus berbuka puasa bersama.

Kuasa Usaha Ad-interim (KUAI) RI bertindak sebagai inspektur upacara membacakan sambutan Presiden RI pada Upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2017, bertempat di halaman Gedung Pancasila Kemlu RI, 1 Juni 2017 waktu setempat.

KUAI RI pun mengimbau kepada peserta upacara untuk senantiasa membina perdamaian, persatuan dan persaudaraan sesama masyarakat Indonesia di Yunani serta saling bersikap santun, menghormati, toleran dan bekerjasama demi kemajuan bangsa Indonesia khususnya yang berada di Yunani.​

Setelah rangkaian upacara selesai, seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Sabtu (3/6/2017), acara dilanjutkan dengan ceramah menjelang berbuka puasa Ramadan yang disampaikan oleh ustaz dari Dompet Dhuafa Republika Jakarta.

Pada kesempatan itu, disampaikan bahwa ajaran Islam yang rahmatan lil alamin sejalan dengan nilai-nilai Pancasila. Untuk itu, umat muslim agar senantiasa berpedoman pada ajaran Islam bukan pada sikap individu atau figure muslim.

Kegiatan upacara diakhiri dengan berbuka puasa bersama peserta upacara yang menunaikan ibadah puasa Ramadan.​

Saksikan juga video berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Video Polisi Turki Bubarkan Pawai Gay yang Digelar Saat Lebaran
Artikel Selanjutnya
Dubes Denmark Bersemangat Melihat Suasana Idul Fitri di Indonesia