Sukses

Bus Rombongan Umrah Tabrakan Beruntun, 6 Jemaah Meninggal Dunia

Kecelakaan itu melibatkan korban dari Bangladesh, India, dan beberapa warga negara lainnya.

Liputan6.com, Riyadh - Sebuah kecelakaan bus beruntun terjadi di jalan bebas hambatan antara Madina dan Qassim, Arab Saudi. Peristiwa itu melibatkan lima kendaraan dan terjadi pada Jumat, 26 Mei 2017 lalu.

Akibat kecelakaan itu, enam jemaah dilaporkan tewas, sementara 81 lainnya terluka. Hal itu diungkapkan oleh juru bicara Qassim Civil Defense, Kolonel Abdulaziz Al-Tamimi.

Dikutip dari Saudi Gazzette, Rabu (31/5/2017), menurut Kolonel Tamimi, kecelakaan terjadi di dekat jembatan Saqryat Qabra dekat dengan Jabal Tamiah atau sekitar 225 km dari ibu kota Buraidah.

Menurutnya, bus itu tengah dalam perjalanan pulang menuju Riyadh.

"Kecelakaan itu melibatkan korban dari Bangladesh, India, dan beberapa warga negara lainnya," ujar Tamimi.

Ada sekitar 28 tim gawat darurat diterjunkan termasuk enam dari Madinah dan lima dari kawasan Hail ke lokasi kecelakaan.

Beberapa korban dirawat di lokasi kecelakaan sementara yang lainnya dibawa ke rumah sakit di berbagai kota termasuk Uqlat Al-Suqour, Al-Nabhaniyah, Al-Ras, Riyadh, Al-Khubaraa, dan Al-Bakiriyah.

Kecelakaan bus beruntun itu melibatkan sekitar 200 penumpang.

Enam belas orang menderita luka kritis, sementara 65 di antaranya luka ringan.

Menurut sumber resmi, kecelakaan itu terjadi karena kondisi cuaca yang menyebabkan jarak pandang jadi buruk hingga menyebabkan tabrakan.

Kecelakaan itu telah ditangani oleh pemerintah setempat. Sementara itu, sebuah video setelah kecelakaan bus rombongan umrah beruntun itu viral di media sosial Arab Saudi. Berikut rekamannya:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.