Sukses

Jokowi hingga Trump, Ini Pesan Ramadan dari 5 Pemimpin Dunia

Liputan6.com, Washington DC - Ramadan 1438 Hijriah telah tiba. Bulan suci penuh berkah tersebut disambut gembira umat Islam di seluruh dunia.

Sukacita masuk ke bulan penuh berkah juga dirasakan beberapa pemimpin dunia. Presiden Indonesia, Joko Widodo menyampaikan pesan Ramadan di media sosial Instagram, @jokowi .

"Saya, Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan 1438 Hijriah. Semoga di bulan yang suci ini, kita dapat meningkatkan amal ibadah kita, rasa persaudaraan kita, rasa persatuan kita sebagai sebuah bangsa," kata Jokowi dalam videonya.

Sejumlah pemimpin dunia juga mengucapkan salam Ramadan, tak terkecuali Presiden Amerika Donald Trump -- yang sempat memicu kontroversi gara-gara larangan masuk AS yang ia terapkan pada sejumlah negara yang mayoritas penduduknya muslim. 

Miliarder nyentrik ini menyampaikan beberapa pesan khusus untuk warga AS yang akan berpuasa. Fokus pesan Ramadan Trump ada pada perjuangan melawan kekerasan dan terorisme.

Selain Trump masih banyak tokoh dunia lain menyampaikan hal serupa. Dilansir dari sejumlah sumber berikut 4 pemimpin dunia yang mengirim pesan ramadan kepada rakyatnya sendiri dan dunia secara luas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Donald Trump

Presiden ke-45 AS Donald Trump (AP/Andrew Harnik)

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyampaikan pesan ramadan untuk seluruh warga negaranya yang menjalankan ibadah puasa.

"Atas nama rakyat AS saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah di bulan Ramadan dengan sukacita," sebut Trump seperti dikutip dari Independent.

Trump menyatakan punya pesan khusus kepada seluruh warga AS. Dia meminta agar ramadan dijadikan momen untuk melawan terorisme.

"Inti dari semangat ramadan adalah memperkuat kewaspadaan kita terkait kewajiban kita semua untuk menolak segala bentuk kekerasan," jelas Trump.

Dia mengatakan, dunia pada tahun ini telah menyaksikan banyak peristiwa kekerasan dan terorisme. Bukan hanya di satu tempat, namun berlangsung di sejumlah titik di dunia.

"Pada tahu ini, ketika libur dimulai dunia berduka atas serangan barbar terorisme di Inggris dan Mesir, tindakan kebejatan seperti itu bertentangan dengan semangat Ramadan," jelas dia.

"Tindakan seperti itu akan memperkuat tekad kita melawan terorisme dan ajaran sesatnya," tegas Trump.

3 dari 5 halaman

3. Justin Tredeau

Pernyataan menyambut bulan Ramadan oleh Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau melalui Twitter (Twitter/@JustinTrudeau)

Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada umat Muslim di seluruh dunia, terutama yang berada di negaranya.

Dalam video berdurasi 50 detik itu, Trudeau mendoakan agar semua umat Muslim dapat memetik pelajaran berupa hikmah di bulan suci Ramadan.

Melalui akun Twitternya @JustinTrudeau, ia menyampaikan ucapannya pada Sabtu (27/5/2017).

"Assalamualaikum, memasuki minggu ini seluruh umat Muslim di dunia dan Kanada mulai memasuki bulan suci Ramadan. Tentunya setiap warga yang merayakan Ramadan akan berkumpul di masjid dan rumah bersama keluarga dan saudara," ujar Trudeau.

"Seluruh umat Muslim pasti akan menyambut awal Ramadan dengan suka cita. Saya berpesan agar momen yang spesial ini dapat dijadikan sebagai momen untuk bersyukur, saling menolong dan tidak mementingkan diri sendiri," tambahnya

4 dari 5 halaman

4. Theresa May

PM Inggris Theresa May  (Christopher Furlong/Pool/AFP)

Sukacita menyambut Ramadan turut dirasakan, Perdana Menteri Inggris, Theresa May. Ia menyampaikan pesan bagi seluruh umat Islam di negaranya yang menjalankan ibadah puasa.

"Saya menyampaikan harapan terbaik saya kepada semua masyarakat Inggris dan dunia yang merayakan Ramadan," ucap May seperti dikutip dari situs resmi Pemerintah Inggris.

May mengatakan, Ramadan merupakan waktu yang unik. Tidak cuma itu, bulan suci pun adalah saat spesial bagi umat Islam.

"Ini adalah waktu untuk memperbaiki kembali iman kepada Tuhan dan meningkatkan ketaatan spiritual," tambah.

"Di waktu ini, Muslim seluruh Inggris, sepanjang hari di musim panas ini mendapat kekuatan untuk menaati salah satu pilar yang ada dalam 5 rukun agamanya," jelas May.

5 dari 5 halaman

5. Najib Razak

Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak (Reuters)

Sebagai negara yang berpenduduk mayoritas Muslim, kegembiraan Ramadan sangat dirasakan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

Pesan Ramadannya pun ia sampaikan melalui media sosial twitter. Ia berharap bulan puasa di tahun ini banyak berkat yang dilimpahkan.

"Selamat menyambut Ramadan selamat berpuasa kepada yang beragama Islam. Semoga sentiasa dikaruniakan rahmat dan dilindungi Allah SWT," sebut Najib.

Selain menyampaikan ucapan selamat menyambut Ramadan, Najib juga memposting gambar dirinya sedang melakukan ibadah salat tarawih pertama di bulan suci Ramadan.

"Salat sunah terawih semalam di waktu pertama, Alhamdulillah. Semoga amalan kita semua diterima dan diberkati Allah SWT," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini