Sukses

Buku Ini Ungkap Kesamaan Indonesia-India

Liputan6.com, Jakarta - India dan Indonesia memiliki sejumlah kesamaan, beberapa di antaranya adalah sama-sama negara demokrasi dan kekuatan ekonomi. Fakta ini membuat keduanya memainkan peran penting di dunia. 

Selain itu, India dan Indonesia juga dikenal memiliki keragaman budaya, bahasa, agama, dan etnis.

 

Berlatar banyak kesamaan tersebut, Duta Besar India untuk Indonesia Nengcha Lhouvum Mukhopadhaya, secara resmi meluncurkan buku yang menggambarkan hubungan erat kedua negara.

Buku dengan judul 'Kesamaan' tersebut bercerita tentang sejarah, budaya, adat istiadat, kepercayaan, dan ekonomi yang mewarnai hubungan panjang Indonesia-India.

Peluncuran buku ini merupakan gambaran dari semangat kerja sama antara India dan Indonesia.

Bertempat di Hotel JW Mariott, Rabu 24 Mei 2017, acara peluncuran buku dibuka dengan penampilan tari Bali. Acara semakin menarik perhatian tamu undangan ketika tari Bali dikombinasi dengan musik India.

Tarian Bali dalam acara peluncuran buku berjudul 'Kesamaan' (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

Menurut Deputy Chief of Mission Kedutaan India Manish Prabhat, penampilan tarian Bali yang digabungkan dengan musik bernuansa India merupakan salah satu contoh bahwa kebudayaan dari dua negara tersebut dapat bersatu dan menciptakan sebuah gerakan yang indah.

"Dalam buku ini, tergambar banyak kesamaan yang telah ada dalam sejarah kedua negara. Saya juga mengapresiasi ide awal pembuatan buku ini, termasuk pihak penerbit yaitu Sachin V.Gopalan. Saya berharap buku ini bisa menjadi pemersatu hubungan India dan Indonesia," ujar Manish.

Salah satu pihak sponsor yang berpartisipasi dalam pembuatan buku tersebut adalah Director Godrej Indonesia Cicin Winedar.

"Indonesia dan India diibaratkan seperti dua sisi dalam satu koin. Kesamaan kedua budaya menjadi nilai lebih bagi masyarakat untuk belajar memahami satu sama lain. Saya yakin para pembaca dapat menikmati keindahan dalam buku ini," ujar Cicin.

Ditemui usai peluncuran buku, Dubes Nengcha menyampaikan bahwa buku ini merupakan rangkuman perjalanan kedua negara yang terjalin lebih dari 2000 tahun yang lalu.

"Buku ini merupakan kumpulan foto kesamaan antara kedua negara. Dari setiap gambarnya mengandung beribu makna. Ada banyak gambar-gambar yang luar biasa yang dapat kita nikmati bersama. Tentunya saya sangat merasa senang dengan peluncuran buku ini," ujar Nengcha.

"Nilai terbaik yang dapat kita ambil dari keindahan buku ini adalah kedekatan kedua negara sangat tergambar jelas. Nilai persahabatan itulah yang membuat hubungan India dan Indonesia berjalan baik dan dapat terus terjalin di masa mendatang," tambahnya.

Kerja sama Indonesia dan India di berbagai bidang seperti teknologi, pendidikan dan infrastruktur sejauh ini sudah terjalin. Diharapkan ekonomi kedua bangsa akan lebih meningkat. Dalam era globalisasi ini, semua negara saling ketergantungan satu sama lain, sehingga penting bagi kedua negara untuk memelihara hubungan baik.

Dalam acara peluncuran buku tersebut turut hadir beberapa petinggi dari negara sahabat seperti Duta Besar Sri lanka dan Vietnam.

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    Indonesia
  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India
Artikel Selanjutnya
Bagus NTRL Ciptakan Lagu Indonesia Mendunia
Artikel Selanjutnya
Tidak Hanya Candi, Film Dokumenter Juga Bukti Peradaban Bangsa