Sukses

Dubes: Sama Seperti RI, Kanada Juga Dibangun di Atas Perbedaan

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan meriah 150 tahun terbentuknya Kanada juga akan digelar di Indonesia. 

Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Peter MacArthur mengatakan, perayaan hari bersejarah itu di Jakarta akan dilaksanakan dalam beberapa acara besar. Salah satunya perayaan Hari Nasional pada Juli ini.

Menurut MacArthur ada empat tema utama yang menjadi fokus pada perayaan hari besar ini, yaitu, keragaman dan inklusifitas, lingkungan hidup, generasi muda dan rekonsiliasi dengan penduduk asli.

Selain itu, hari jadi negaranya turut dijadikan sarana untuk menyoroti kontribusi Kanada terhadap dunia secara luas. Termasuk Indonesia.

"Ini juga merupakan kesempatan bagi Kanada untuk melihat kembali hubungannya dengan dunia, termasuk persahabatan dengan Indonesia," sebut MacArthur di kediamannya di Jakarta, Selasa (23/5/2017).

Dia menjelaskan, negaranya dan Indonesia memiliki banyak kesamaan. Yang paling terlihat adalah kedua negara dibangun atas dasar perbedaan.

"RI-Kanada merupakan negara multi-budaya yang beragama, yang memahami nilai kesatuan dalam kebhinnekaan dan kedua negara tersebut juga merupakan negara yang sangat meyakini pembangunan demokrasi dan pembangunan masyarakat yang terbuka dan makmur," jelas MacArthur.

Oleh sebab itu, bertepatan dengan momen perayaan 150 tahun HUT Kanada, kedua negara bisa terus memperkuat hubungan di bidang politik, perdagangan, keamanan dan pembangunan.

Senada dengan pernyataan Dubes MacArthur, Direktur Amerika I Kementerian Luar Negeri, Adam Mulawarman Tugiyo menyebut, hubungan kedua negara berlangsung dengan sangat baik. Bahkan, hal ini telah terjalin sejak Indonesia merdeka.

"Kanada boleh dibilang sebagai salah satu negara (pertama) yang memberi pengakuan kemerdekaan kepada kita dan kita punya kerja sama yang bagus terutama di bidang ekonomi," sebut Adam.

Meski kerjasama di bidang ekonomi berjalan baik, fokus hubungan tidak cuma di bidang tersebut. Beberapa sektor lain juga berjalan sama baiknya.

"Sebetulnya di luar kerja sama bidang ekonomi, perdagangan ada kerjasama yang penting, ada karakteristik menarik di mana sektor kelautan jadi sektor penting buat Kanada," paparnya.

"Kanada itu seperti kita memiliki pantai terpanjang di dunia. Nah di bidang kelautan Kanada juga punya blueprint policy yang bagus di mana kita juga bisa menimbang kira-kira apa yang bisa kita lakukan, jadi itu yang bisa kita lihat apa kerja samanya dengan Kanada," sebut dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini