Sukses

Diplomasi Jazz untuk Mempererat Hubungan Indonesia dan Italia

Para pengunjung menikmati paduan unik jazz yang selama ini dikaitkan dengan budaya Amerika Serikat, berpadu dengan eksotisme bahasa Italia.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kebanyakan orang, musik adalah suatu kualitas yang terbatas pada genre tertentu. Tapi, bagi Serena Brancale, musik merupakan perwakilan suatu paduan beragam genre, suara, dan gagasan.

Demikianlah kesan yang didapatkan ketika Liputan6.com menikmati konser jazz suguhan Serena Brancale Quartet di Gedung Kesenian Jakarta pada Senin (22/5/2017) malam.

Konser itu sendiri merupakan persembahan Kedutaan Besar Italia untuk Indonesia bersama-sama dengan Pusat Kebudayaan Italia dan menjadi bagian dari perayaan Bulan Eropa sebagaimana yang dicanangkan oleh Uni Eropa pada awal bulan Mei.

Dalam konser itu, Brancale menghantarkan para pengunjung menikmati paduan unik jazz yang selama ini lekat dengan budaya Amerika Serikat, namun dipadukan dengan eksotisme bahasa Italia.

Di tengah pertunjukan, Brancale mendadak ditinggal sendiri oleh 3 orang musisinya. Saat itulah ia unjuk kebolehan memadukan teknologi sequencer sehingga menyajikan pertunjukan suara dan musik jamak hanya oleh dirinya sendiri.

Uniknya, irama jazz yang dibawakan justru berisi medley beberapa lagu lawas dari kelompok The Beatles.

(Liputan6.com/Alexander Lumbantobing)

Bukan hanya dalam aransemen biasa, Brancale bahkan memanfaatkan aplikasi komposisi lagu di iPhone untuk mengantarkan beberapa komposisi karyanya sendiri sehingga tepat sekali dengan warna suaranya yang tebal namun berjangkauan nada yang lebar.

Sebagai bagian dari jembatan diplomasi budaya melalui people-to-people Brancale tidak lupa menyertakan vokalis Nesya Ardi dari Indonesia untuk duet. Sebelumnya, Brancale tak lupa membawakan lagu Rayuan Pulau Kelapa karya Ismail Marzuki yang diberi aransemen kekinian.

Namun demikian, para pengunjung tidak mendapatkan terjemahan atau penjelasan isi lagu, sehingga ada beberapa saat ketika para pengunjung yang tidak berbahasa Italia kesulitan meresapi cerita yang disampaikan dalam lagu dengan teks bahasa Italia.

(Liputan6.com/Alexander Lumbantobing)

Sehari sebelumnya, pada Minggu (21/5/2017) sore, kelompok yang terdiri dari Serena Brancale (vokal), Dario Panza (drum), Alfonso Deidda (keyboard), dan Daniele Sorrentino (bass) itu menggelar jam session di Pusat Kebudayaan Italia, Jakarta.

Mengutip terbitan pers dari Pusat Kebudayaan Italia, Serena Brancale pernah tampil sebagai tamu khusus bersama kelompok ternama Il Volo dan kemudian menerbitkan album pertamanya, "Galleggiare". Selain beberapa karya solo, ia dijadwalkan menerbitkan CD baru dan tur bersama dengan Mario Biondi pada tahun ini.

Saksikan sebagian penampilan Serena Brancale Quartet ketika melakukan jam session pada Minggu (21/5/2017) sore di Pusat Kebudayaan Italia, Jakarta:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.