Sukses

Djarot Lantunkan Tembang Jawa untuk Raja Swedia di Kota Tua

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat menyambut Raja Gustaf dan Ratu Silvia dalam kunjungan ke Kota Tua.

Liputan6.com, Jakarta - Raja Swedia Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia, mengunjungi sejumlah tempat di Kota Tua, Jakarta. Kegiatan itu merupakan bagian lawatan kenegaraannya ke Indonesia yang berlangsung dari 22 hingga 24 Mei 2017.

Museum Seni Rupa dan Keramik menjadi tujuan pertama Raja Gustaf dan Ratu Silvia. Di sana, mereka disambut oleh Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, yang terlihat memakai setelan jas dan kacamata berlensa gelap.

Sebanyak delapan mobil asal Swedia, Volvo, terlihat terparkir di depan museum tersebut. Dalam perjalanannya menuju Cafe Batavia untuk bersantap siang, Raja Gustaf dan Ratu Silvia terlihat mendapat penjelasan singkat dari anggota Volvo Club Indonesia.

Di tengah perjalanan, Ratu Silvia menyapa seorang balita yang sedang digendong ibunya. Ratu Silvia yang mengenakan setelan bercorak hitam putih itu, terlihat memainkan wayang berukuran kecil yang terbuat dari rotan.

Seusai makan siang bersama, Djarot memberikan keterangan kepada awak media bahwa Raja dan Ratu Swedia terkesan dengan budaya Indonesia.

"Beliau sangat terkesan dengan budaya Indonesia, utamanya wayang, keramik, dan batik, jadi kita lebih banyak berdiskusi soal seni dan budaya, termasuk lagu-lagu yang didendangkan oleh Ki Dalang," ujar Djarot di kawasan Kota Tua pada Selasa (23/5/2017).

"Beliau bertanya dan sangat menghargai budaya kita, termasuk terhadap makanan kita, jadi kita harus jelaskan satu per satu makanan yang kemungkinan di Swedia tidak ada," imbuh dia.

Pria kelahiran 54 tahun asal Blitar itu juga diminta untuk mengulangi lagi nyanyian Berbahasa Jawa dan mengartikannya.

"Tadi diminta untuk mengulang lagi apa yang sudah disampaikan di museum keramik," kata Djarot.

"Yen in tawang ono lintang...," saat Djarot menyanyikan sepotong tembang Jawa di hadapan awak media.

Seusai mengunjungi Kota Tua, Raja Gustaf dan Ratu Silvia kembali melanjutkan sejumlah kegiatannya.

Raja SwediaCarl XVI Gustaf akan menghadiri Indonesia Sweden Executive Seminar di Hotel Mandarin Oriental dan dilanjutkan dengan kunjungan ke Pusat Lalu Lintas Kapal di Tanjung Priok. Sementara itu, Ratu Silvia akan mengunjungi Community Library di Manggarai, Jakarta Pusat.⁠⁠⁠⁠

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.