Sukses

Bermodal Sandal Jepit, Wanita Meksiko Menang Lomba Lari 50 Km

Sepasang sandal dari karet ban daur ulang menjadi bukti kemenangan Maria Lorena Ramirez di ajang lari Meksiko.

Liputan6.com, Meksiko City - Maria Lorena Ramirez, perempuan dari masyarakat adat Tarahumara Meksiko memenangkan lomba lari ultramaraton sejauh 50 km -- yang jaraknya lebih jauh dari 42,195 dalam maraton biasa.

Perempuan 22 tahun itu menjadi juara hanya bermodalkan sepasang sandal jepit. 

Seperti diberitakan BBC yang dikutip Selasa (23/5/2017), Ramirez mengalahkan 500 pelari lainnya dari 12 negara di kategori perempuan ajang lari Ultra Trail Cerro Rojo di Puebla, Meksiko tengah.

Penampilan Ramírez tak seperti pelari profesional. Ia hanya mengandalkan sepasang sandal dari karet ban daur ulang untuk melindungi kakinya dari panasnya aspal. 

Perempuan itu juga tak mengenakan pakaian olahraga saat berlomba. Ramirez mengenakan rok dan syal.

Meski tak mendapatkan latihan lari profesional, perolehan waktunya dalam kompetisi itu cukup baik. Ia menyelesaikan lomba lari dalam tujuh jam dan tiga menit, lalu mendapat hadiah 6.000 peso Meksiko atau sekitar 4,2 juta.

Menurut laporan yang beredar, Ramirez setiap hari bekerja menggembala kambing dan sapi. Ia kerap berjalan 10-15 km dalam sehari -- mungkin itu yang membuat fisiknya kuat.

Suku Tarahumara di Meksiko yang merupakan asal Ramirez memang dikenal sebagai pelari yang sangat baik.

Lomba lari itu sebenarnya sudah digelar pada 29 April 2017, namun berita kemenangannya baru tersebar belakangan.

Tahun 2016 lalu, Ramirez menang juara kedua dalam lomba lari 100 km kategori Caballo Blanco ultramaraton di Chihuahua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini