Sukses

Raja Salman Ajari Donald Trump Minum dengan Tangan Kanan?

Liputan6.com, Jeddah - Pada Sabtu 20 Mei 2017, Presiden Amerika Serikat Donald Trump melakukan lawatan perdana ke luar negeri. Arab Saudi menjadi destinasi pertamanya. 

Miliarder nyentrik itu disuguhi kopi tradisional dalam acara penyambutan yang diadakan di Bandara Riyadh.

Pada kesempatan tersebut, sang tuan rumah Raja Salman, juga turut serta menikmati secangkir kopi.

Raja dari Dinasti Saud itu juga sempat mengajarkan aturan dalam tradisi minum kopi di Arab. 

Misalnya, seperti yang dikutip dari Arab News, Senin (22/5/2017), Raja Salman terlihat memegang cangkir dan menggoyangkannya. Itu adalah tanda bahwa ia telah selesai menikmati kopi dan tak ingin tambah.

Dalam tradisi Arab Saudi, pelayan akan terus menuangkan kopi ke dalam cangkir, mengisinya kembali penuh-penuh -- sampai peminumnya menolaknya dengan cara menggoyangkan cangkir atau menempatkan tangan di atas wadah minumnya.

Dari rekaman yang beredar, Trump kelihatan begitu menikmati kopinya dan menambah.

Kopi tradisional Arab memiliki cita rasa lebih kuat daripada yang ada di Amerika. Minuman berwarna hitam itu biasanya diminum tanpa susu atau gula dan dituangkan dalam cangkir kecil.

Donald Trump bertemu dengan Raja Salman di Arab Saudi. (Arab News)

Pangeran Saud Al Muqrin juga terlihat menjelaskan etiket minum kopi ala Arab Saudi ke putri presiden AS, Ivanka Trump. Dia terekam kamera tengah mengajarinya cara mengguncang cangkir untuk menolak pengisian minuman selanjutnya.

Beredar pula video lain yang tengah merekam suasana minum kopi antara Raja Salman dan Donald Trump, di mana Orang Nomor Satu AS itu diajari untuk minum, dengan mengangkat cangkir menggunakan tangan kanannya.

Tayangan itu menunjukkan Trump memindahkan cangkir minumnya dari tangan kiri ke tangan kanan, sesuai petunjuk dari Raja Salman.

Berikut ini rekamannya:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.