Sukses

Lele Jumbo Seberat 8 Kg Menghuni Sungai di Singapura

Liputan6.com, Singapura City - Seorang pemancing Singapura menangkap ikan sejenis lele (catfish) jumbo di Canal Rochor. Bobotnya mencapai 8 kg.

Rosman Mohd mengatakan ia 'berjuang' menangkap ikan lele itu, memeras keringat selama 30 menit pada Sabtu 20 Mei 2017.

"Itu ikan terbesar yang pernah ia tangkap di Singapura. Ukuran lele di kanal biasanya hanya sekitar 3 sampai 4 kg," jelas pria 45 tahun itu kepada The Straits Times yang dikutip Senin (22/5/2017).

"Kami menggunakan jaring ikan untuk meraih binatang air yang ukurannya mencapai 50 cm," imbuhnya kepada Shin Min Daily News.

Orang-orang kemudian berkerumun untuk melihat ikan lele itu. Seorang pekerja asing kemudian hendak membelinya, namun Rosman memberikannya secara cuma-cuma. 

Sebelumnya, seorang pemancing juga mendapat ikan lele jumbo. Di Amerika, Riahn Brewington dari Wilmington, negara bagian North Carolina memancing makhluk air jenis tersebut dengan bobot lebih dari 50 kilogram.

Namun ternyata ikan tersebut bukan yang terbesar yang pernah ditemukan di North Carolina. Menurut North Carolina Wildlife Resources Commission, pemegang rekor ikan lele terbesar adalah ikan lele biru seberat 53, 3 kilogram yang ditangkap pada 11 Juni lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.