Sukses

Tak Berkerudung tapi Sopan, Baju Melania Trump Dipuji Media Arab

Liputan6.com, Riyadh - Melania Trump tak mengenakan kerudung di Arab Saudi, bahkan sejak melangkah keluar dari pesawat kepresidenan Air Force One.

Nyonya Donald Trump mengenakan jumpsuit hitam rancangan Stella McCartney. Sabuk besar berwarna emas melingkar di pinggangnya.

Setelah menemani Donald Trump bertemu Raja Arab Salman bin Abdulaziz, pada Minggu 21 Mei 2017, ibu negara AS itu melakukan kunjungan pribadi, sementara suaminya mengikuti serangkaian pertemuan bilateral dengan Dewan Kerjasama Teluk atau Gulf Cooperation Council.

Perempuan tersebut mengunjungi American International School di Riyadh, juga pusat layanan General Electric yang dikelola para perempuan.

Adapun menurut Gedung Putih, Ivanka Trump secara terpisah menghadiri diskusi meja bundar (roundtable) tentang pemberdayaan perempuan di Istana Tuwaiq bersama sejumlah tokoh pemberdayaan sipil, pebisnis terkemuka, dan pejabat pemerintah Saudi yang kesemuanya kaum hawa.

"Penting untuk mendengar secara langsung dari perempuan lokal tentang perkembangan yang telah dicapai oleh mereka maupun negara dan tantangan yang masih dihadapi," demikian menurut Gedung Putih, seperti dikutip dari CNN, Senin (22/5/2017).

Sama dengan Melania, Ivanka juga tak menutup kepalanya dengan kerudung -- padahal Donald Trump pernah mengkritik Michelle Obama karena melakukan hal yang sama.

Pernyataan Donald Trump yang mengkritik keputusan Michelle Obama tak mengenakan kerudung di Saudi (@realDonaldTriump)

"Banyak orang mengatakan, luar biasa bahwa Nyonya Obama menolak mengenakan kerudung di Saudi Arabia, namun mereka (tuan rumah) terhina. Kita sudah punya cukup banyak musuh," kata Trump dalam Twitter pada 29 Januari 2015.

Dipuji Media Arab

Meski tak mengenakan penutup kepala, pilihan busana Melania Trump mendapat pujian.

Arab News menyebut pakaiannya "berkelas dan konservatif". Foto berwarna Melania Trump, berukuran besar, mengenakan jumpsuit hitam menyertai artikel tersebut.

Media Arab puji penampilan Melania Trump (Twitter/@ElizLanders)

Pakaian pilihan Melania Trump sepintas mirip abaya. Juru bicaranya, Stephanie Grisham mengatakan, itu bukan kebetulan belaka.

"Jika Anda melihat gayanya. Itu khas Melania Trump," kata dia. "Namun tentu saja tetap sensitif terhadap tempat dan tuan rumah."

Grisham menambahkan, soal busana, Melania Trump telah berkonsultasi dengan pihak protokoler Departemen Luar Negeri dan menerima pembekalan sebelum melaksanakan agenda kunjungan luar negeri pertamanya. 

"Ia tidak harus mengenakan kerudung, dan tidak ada yang memintanya. Karena itu Melania Trump memilih untuk tidak melakukannya," kata Grisham 

Arab News juga menyadari kesamaan busana Melania Trump dengan abaya. Media tersebut mewawancarai seorang pemilik butik di Jeddah, Nahed Andijani.

"Saat saya melihat foto kedatangannya, ia (Melania) mengenakan pakaian yang sopan yang menghormati budaya kita. Saya langsung berpikir, 'Pakaiannya mirip abaya'."

Jumpsuit hitam dipakai Melania Trump dalam pertemuan bilateral. Sementara, dalam acara makan malam di Istana Kerajaan Saudi, ia mengenakan gaun magenta panjang.

Hanya ada dua perempuan -- Ibu Negara AS Melania Trump dan Ivanka Trump -- yang hadir upacara penyambutan mewah, yang diwarnai tarian pedang.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.