Sukses

Membangkitkan 'Rasa Cinta Indonesia' untuk Diaspora di Filipina

IDN Manila untuk kedua kalinya menggelar acara Mengenal Indonesia 2 untuk para diaspora mengenal lebih jauh RI.

Liputan6.com, Manila - Dalam era global seperti saat ini, maka pergerakan manusia dari suatu tempat ke tempat lain menjadi sangat mudah. Ini menyebabkan banyak orang bisa dengan relatif lebih mudah memutuskan untuk berpindah dari suatu tempat, atau menikah dengan orang yang berbeda kebangsaan.

Ini juga terjadi dengan orang Indonesia.

Pada saat ini ada jutaan orang Indonesia yang berkediaman di luar Indonesia, dalam jangka panjang atau bahkan permanen. Tidak sedikit dari mereka juga memutuskan untuk menikah dengan orang berbeda kebangsaan.

Terkadang putra-putri para diaspora ini tidak begitu mengenal Tanah Air nya. Tetapi mereka tetap sadar akan identitas sebagai orang Indonesia.

Untuk menjawab tantangan ini, pada Sabtu 13 Mei 2017, IDN Manila menyelenggarakan sebuah acara untuk memperkenalkan Indonesia kepada putra-putri diaspora Indonesia di Manila. Acara itu dinamakan: "Mengenal Indonesia".

Melalui acara tersebut, putra-putri diaspora diperkenalkan dengan keragaman etnis dan kekayaan budaya yang ada di Indonesia, letak geografis serta sejarah perjuangannya.

Dalam mencapai dan mengisi kemerdekaan serta lambang negara. Mereka terlihat sangat antusias mempelajari berbagai hal baru tentang Indonesia.

Menurut informasi yang Liputan6.com terima Selasa (16/5/2017), pemberi materi terdiri dari para professional Indonesia yang berada di Manila yaitu: Febrianti Tricahyani, Viga Putri Harmulasari, Ari Perdana dan Said Zaidansyah (yang juga Ketua IDN Manila).

Hal menariknya, beberapa dari tamu hadirin itu bukan Warga Negara Indonesia (WNI). Ada juga yang belum pernah ke Indonesia. Namun demikian, semuanya tetap memiliki rasa cinta kepada Indonesia.

Acara tersebut ditutup secara syahdu dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Ini adalah kedua kalinya IDN Manila menyelenggarakan acara "Mengenal Indonesia". Sebelumnya diselenggarakan pada April 2016.

Acara yang dikoordinir oleh Pastor Redy Stevanus itu sangat diaspresiasi oleh para diaspora di Manila. Banyak di antara mereka mengharapkan acara tersebut dapat menjadi kegiatan rutin IDN Manila.

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.