Sukses

Kunjungan Perdana ke RI, Presiden Lithuania Bahas Soal Energi

Presiden perempuan pertama di Lithuania ini menaruh perhatian besar dalam konteks pemberdayaan perempuan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Lithuania, Dalia Grybauskaitė melakukan kunjungan kenegaraan pertama kalinya ke Indonesia. Ia dijadwalkan tiba pada Rabu 17 Mei 2017.

Dalam kunjungan kenegaraan kali ini, Presiden Dalia Grybauskaitė akan didampingi oleh Menteri Energi, Wakil Menteri Pertanian Lithuania dan Duta Besar Lithuania untuk Indonesia yang berkedudukan di Tokyo. Sejumlah pengusaha serta para jurnalis juga turut serta.

Mengutip situs Kemlu.go.id, kunjungan Presiden Lithuania ini akan difokuskan pada kerja sama energi terbarukan, konservasi energi, serta pengembangan bisnis di sektor energi. Lithuania sendiri memiliki kapabilitas dalam bidang energi surya, biomass dan biofuel.

Di samping bidang energi, bidang perdagangan dan investasi serta pertanian juga menjadi hal yang akan ditingkatkan dalam pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Grybauskaitė.

Pada 2016, nilai perdagangan antara Indonesia dan Lithuania tercatat sebesar $US 38,6 juta. Lithuania menjadi pasar potensial RI untuk komoditas produk pertanian khususnya tembakau, CPO dan kopi.

Indonesia juga akan menjajaki transfer of technology di sektor mekanisasi pertanian dan teknologi peternakan. Selain itu akan turut mendorong peningkatan investasi Lithuania dalam bidang transportasi, khususnya di bidang perawatan pesawat terbang, pengelolaan hanggar pesawat dan pelatihan pilot.

Dalam kunjungan kenegaraan ini, bidang pariwisata dan pemberdayaan perempuan juga akan dibahas.

Presiden Grybauskaitė merupakan presiden perempuan pertama di 2574107, dan menaruh perhatian besar dalam konteks pemberdayaan perempuan.

Selain acara resmi kenegaraan, Presiden Grybauskaitė rencananya juga akan melakukan kegiatan budaya dengan mengunjungi tempat-tempat ikonik yang menjadi kebanggaan ibu kota Jakarta.

Saksikan juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.