Sukses

Di Beijing, Presiden Putin Unjuk Kebolehan Main Piano

Presiden Putin yang memiliki segudang keahlian mempertontonkan salah satunya, yaitu main piano. Ia membawakan dua lagu lawas.

Liputan6.com, Beijing - Presiden Rusia Vladimir Putin dikenal sebagai sosok yang serba bisa. Ia pernah menunggangi kuda sambil bertelanjang dada di tengah cuaca dingin yang menusuk tulang di Siberia, mengarahkan bangau ke jalur migrasi menggunakan pesawat layang delta, berenang dengan lumba-lumba, mahir bermain judo, hingga menyelam ke Danau Baikal dan Laut Hitam.

Namun keahlian Putin tidak berhenti sampai di situ saja. Di sela-sela KTT Belt and Road di Beijing, China, ia memamerkan kebolehannya yang lain: bermain piano.

Di hadapan Presiden Xi Jinping, Putin memainkan dua lagu. Pertama adalah "Evening Song" milik Vasily Solovyov-Sedoi dan yang kedua adalah "Moscow Windows" milik Tikhon Khrennikov.

Kedua lagu tersebut berasal dari tahun 1950-an. Pada era itu, Putin baru lahir dan Uni Soviet masih di bawah bayang-bayang Stalin.

Seperti Liputan6.com kutip dari New York Times, Senin (15/5/2017) penampilan Putin terlihat santai, tapi dinilai tidak spontan. Video resital tersebut dengan cepat menjadi viral melalui media pemerintah Rusia.

Sebagian berpandangan, penampilan Putin tersebut mungkin bertujuan untuk menunjukkan sisi lembutnya mengingat tak sedikit yang melihatnya sebagai pemimpin otoriter. Ia telah berkuasa sejak 1999 dan kerap tampil gagah.

"Evening Song" lazimnya kerap dimainkan dengan lirik Aleksandr Churkin yang ditulis pada 1957. Itu dianggap sebagai lagu kebangsaan tidak resmi di St Petersburg, kampung halaman Putin yang sebelumnya dikenal sebagai Leningrad.

Pada 1980-an, penggemar tim sepak bola St Petersburg Zenit mengubahnya menjadi lagu kebangsaan tidak resmi tim tersebut.

KTT Belt and Road yang merupakan upaya China untuk menghidupkan kembali Jalur Sutra dihadiri setidaknya 29 kepala negara, termasuk Presiden Joko Widodo.

 

Simak video Presiden Putin tengah bermain piano berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.