Sukses

Aksi Dukung Ahok Digelar di 4 Benua, Negara Mana Saja?

Aksi mendukung Ahok, ternyata tidak hanya dilakukan di Jakarta, tetapi juga di sejumlah negara di penjuru dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi mendukung Gubernur nonaktif, DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, ternyata tidak hanya di Jakarta atau beberapa daerah di Tanah Air.

Aksi tersebut juga berlangsung di sejumlah negara, setidaknya di empat benua, yaitu Amerika, Australia, Eropa, dan Asia. 

Dari laporan yang diterima Liputan6.com, aksi mendukung Ahok di Australia akan digelar di beberapa kota, di antaranya, Sydney, Canberra, Perth, Melbourne, dan Adelaide.

Di ibu kota Australia, Canberra, aksi dipusatkan di Queen Elizabeth Terrace-Lake Burley Griffin's Foreshore. Aksi tersebut diberi nama 'Aksi Solidaritas untuk Keadilan Indonesia' yang dilaksanakan pada 14 Mei 2017.

Sementara, di Sydney, acara yang diberi nama Justice for Ahok diadakan pada Minggu, 14 Mei 2017 dengan titik kumpul Sydney Opera House. Kegiatan tersebut dimulai pukul 16.00 waktu setempat. 

Di Negeri Paman Sam, aksi mendukung Ahok digelar warga Indonesia di beberapa kota besar, salah satunya di ibu kota AS, Washington DC.

Rencananya, aksi diselenggarakan pada 14 Mei 2017 pukul 5 sore. Terpusat di US Capitol Building, tepatnya di Capitol Reflecting Pool, para perserta diharapkan memakai pakaian berwarna merah putih dan membawa balon dan lilin.

Aksi Solidaritas untuk Ahok di Canberra (Foto:Istemewa)

Di San Fransisco, aksi solidaritas untuk Ahok dan Keadilan di Indonesia bertempat di depan kantor depan Konsulat Republik Indonesia di Columbus Avanue, Sabtu, 13 Mei pukul 14.00 waktu setempat.

Tidak cuma AS, masyarakat Indonesia yang berada di Kanada juga menggelar aksi serupa. Warga Indonesia Toronto melangsungkan aksi di Nathan Phillips Squares pada Jumat, 12 Mei pukul 09.00 waktu setempat.

Aksi Solidaritas untuk Ahok di Toronto (foto: Istemewa)

Sementara, di kota Vancouver, aksi dilangsungkan sehari sesudah aksi di Toronto, yaitu pada Sabtu, 13 Mei pukul 08.00 waktu setempat, di Vancouver Art Gallery Robson Sade.

Masyarakat Indonesia di Eropa, terutama di Belanda akan menggelar acara serupa yang rencananya akan diadakan di Damrak, Amsterdam, Sabtu, 13 Mei 2017.

Aksi Solidaritas untuk Ahok di Belanda (Foto:Istemewa)

Selain Amsterdam, aksi juga dilaksanakan di Groningen, Den Haag, dan Utrecht. Untuk Groningen acara dilangsungkan pada Jumat, 12 Mei 2017. Di dua kota lainnya, Den Haag dan Utrecht, aksi berlangsung pada tanggal yang sama, Minggu, 14 Mei 2017.

Di Benua Asia, aksi dukung Ahok dilaksanakan di Gwanghwamun Square, Seoul Korea Selatan.

Dukungan Terhadap Ahok di Korsel (Foto: Istemewa)

Aksi yang diberi nama Candlelight for Indonesia dilangsungkan pada Minggu, 14 Mei 2017, pukul 20.00 waktu setempat.

Tak cuma di Korsel, di Taiwan aksi serupa pun digelar. Aksi dukungan tersebut diberi nama #TAIWAN4AHOK dan rencananya digelar di Taipei Main Stadion East 3, pukul 6 sore waktu setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini