Sukses

Brasil Akhiri Status Darurat Virus Zika

WHO telah lebih dulu mengangkat status darurat internasional Zika pada November tahun 2016.

Liputan6.com, Brasilia - Brasil resmi mengumumkan penghentian status darurat nasional atas virus Zika. Langkah ini diambil setelah terjadi penurunan tajam atas kasus ini.

Seperti dilansir BBC, Jumat (12/5/2017) yang mengutip pernyataan otoritas setempat, jumlah kasus Zika dikabarkan turun 95 persen antara Januari dan April jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

Virus ini berdampak pada kelahiran bayi dengan kepala kecil yang abnormal. Ancaman Zika mencapai puncaknya saat Brasil tengah bersiap menjadi tuan rumah Olimpiade 2016.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah lebih dulu mengangkat status darurat internasional Zika pada November tahun 2016. Virus ini dikaitkan dengan cacat lahir yang parah di hampir 30 negara.

Brasil sendiri mengumumkan keadaan darurat nasional pada November 2015. Ancaman tersebut memicu lahirnya sebuah kampanye untuk memberantas nyamuk yang membawa virus tersebut.

Kementerian Kesehatan Brasil menyebutkan terdapat 7.911 kasus Zika dari Januari hingga April tahun 2017. Sementara pada periode yang sama tahun 2016, setidaknya tercatat 170.535 kasus.

Tahun 2017, tidak ada korban jiwa atas virus Zika. Kabar ini merupakan perkembangan baik mengingat pada tahun lalu korban tewas mencapai delapan orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.