Sukses

Temuan Makhluk Laut Raksasa di Maluku Hebohkan Dunia

Para nelayan di Desa Lha yakin, bangkai tersebut adalah cumi-cumi raksasa. Sementara otoritas setempat memastikan itu adalah paus sperma.

Liputan6.com, Jakarta - Bangkai makhluk laut raksasa yang terdampar di Pantai Dusun Hulung, Desa Luhu, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku, menyita perhatian sejumlah media asing. Belakangan, hewan yang sempat dikira cumi-cumi itu diyakini adalah seekor paus.

Melalui artikel bertajuk "Giant sea creature washes up on Indonesia’s Serum Island", News.com.au mengawali laporannya dengan menyebutkan sebuah makhluk tak teridentifikasi terdampar di Provinsi Maluku. Bangkai hewan raksasa tersebut ditemukan di Pantai Hulung di bagian barat Pulau Seram oleh seorang warga lokal.

"Dalam kegelapan, Asrul Tuanakota (37) awalnya mengira gumpalan daging besar tersebut merupakan sebuah kapal yang terdampar," tulis News.com.au mengutip pemberitaan sebuah media di Indonesia, Jumat (12/5/2017).

Para nelayan di Desa Lha yakin bahwa bangkai tersebut adalah cumi-cumi raksasa. Sementara otoritas setempat memastikan bahwa itu adalah jenis paus sperma yang telah membusuk.

Warga setempat dikabarkan meminta bantuan pemerintah untuk menangani bangkai tersebut, mengingat bau menyengat yang ditimbulkan. Sebelumnya, sekelompok ilmuwan kelautan telah mengambil sampel bangkai tersebut demi kepentingan identifikasi.

Peristiwa terdamparnya bangkai paus raksasa ini juga dimuat 9news.com.au. Dengan artikel berjudul "Wasting remains of 'giant sea creature' washes up on Indonesian shores", media ini menuliskan kisah serupa.

"Asrul Tuanakota, seorang warga lokal di Pulau Seram di Provinsi Maluku, menemukan bangkai sepanjang 15 meter," tulis media tersebut.

Media The Washington Post tak ketinggalan memberitakan bangkai paus raksasa ini. Dengan judul "Massive sea creature washes up on Indonesian beach", mereka menyebut bangkai raksasa terdampar di sebuah pantai di Provinsi Maluku membingungkan penduduk setempat dan pihak berwenang tengah mencoba mengidentifikasinya.

Pada Februari lalu, temuan menghebohkan juga terjadi di Filipina. Warga menemukan sebuah bangkai makhluk raksasa berbulu putih dengan berat mencapai 2 ton. Belakangan diketahui itu adalah bangkai paus dari jenis yang belum pernah ditemukan.

Sementara itu, pada Maret tahun lalu, penduduk di Acapulco, Meksiko, menemukan sebuah bangkai raksasa. Tidak diketahui persis apakah itu bangkai cumi-cumi atau paus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.