Sukses

Bertanya Soal Asuransi Kesehatan ala Trump, Reporter Ini Ditahan

American Civil Liberties Union (ACLU) mengatakan terjadi sebuah kemunduran di Amerika Serikat karena melawan kebebasan pers.

Liputan6.com, West Virginia - Seorang reporter ditangkap dan ditahan pada Selasa, 9 Mei 2017, malam di West Virginia Capitol, karena bertanya kepada dua penasihat Donald Trump terkait skema asuransi terbaru yang menggantikan Obamacare. Alasan penahanan tersebut yaitu si pewarta berteriak saat bertanya.

Reporter bernama Dan Heyman saat itu bertanya kepada Menteri Kesehatan Tom Price dan Penasihat Gedung Putih Kellyane Conway, terkait hal-hal apa saja yang ditanggung asuransi dalam skema terbaru yang dibuat Partai Republik.

Wartawan veteran bidang kesehatan itu bertanya apakah korban Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) termasuk dalam kategori kondisi pre-existing atau memiliki penyakit bawaan yang bisa ditanggung asuransi.

Heyman mengatakan ia wajib menanyakan hal itu untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat. "Saya hanya ingin melakukan pekerjaan saya dengan benar," ujar Heyman. Namun, akibat dari pertanyaan itu, ia justru ditangkap dan kini tengah menanti dakwaan penjara.

Dikutip dari BBC, Kamis (11/5/2017), Heyman adalah wartawan Public News Service. Ia berbicara kepada para teman sejawatnya sesaat setelah dilepaskan polisi.

Wartawan senior itu mengatakan ia telah mengikuti tim kesehatan Trump ke Gedung Capitol menggunakan atribut media. Heyman juga telah menyebut dirinya wartawan saat mendaftar sebagai pengunjung.

"Mereka berdua tak mau menjawab pertanyaan saya. Jadi saya ngotot," kata Heyman.

Price dan Conway berada di West Virginia untuk sebuah konferensi mengenai epidemi opioid yang merupakan obat penghilang rasa sakit beserta pengaruhnya terhadap warga West Virginia. Negara bagian ini paling banyak kasus overdosis dibanding negara bagian AS lainnya.

"Ini tugas saya, inilah yang harus saya lakukan," kata Heyman.

"Ini adalah pertanyaan yang patut dijawab. Saya pikir ini adalah tugas saya, untuk mengajukan pertanyaan. Dan saya pikir ini adalah tugas saya untuk mencoba mendapatkan jawaban," tambah dia.

Menurut catatan, Heyman secara agresif melawan agen rahasia sampai pada titik di mana agen terpaksa memindahkannya beberapa kali di sepanjang lorong gedung utama Capitol.

"Terdakwa menyebabkan gangguan pada Conway dan Menteri Price." Dia didakwa karena sengaja melawan proses pemerintahan.

Menurut Heyman, dia berada di tempat umum dan tidak diberi peringatan untuk pergi. Namun, para petugas keamanan tanpa disangka menyeretnya keluar dan menahannya. 

American Civil Liberties Union (ACLU) membela tindakan Heyman. Organisasi ini menilai penangkapan Heyman merupakan usaha terang-terangan untuk membekukan pers independen dan bebas. ACLU menganggap tuduhan terhadap Heyman keterlaluan dan harus segera dibatalkan.

"Mereka (pemerintah) telah menunjukkan kepada kita setiap hari, sejak Donald Trump memegang jabatan bahwa mereka tidak peduli dengan Amandemen Pertama, atau kebebasan pers. Hari ini hanyalah contoh lain, mengerikan sekali," kata Direktur Hukum ACLU-West Virginia Jamie Lynn Crofts.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini