Sukses

Arti 5 Kode Rahasia yang Digunakan Pramugari di Pesawat

Kode rahasia aneh pramugari-pramugara pesawat ini dikuak setelah salah satu penumpang memaksa untuk diberi tahu.

Liputan6.com, London - Para awak kabin, pramugara atau pramugari, kerap menggunakan bahasa isyarat di dalam pesawat.

Ada kode rahasia untuk menyampaikan pesanan penumpangnya. Selain itu mereka juga memiliki isyarat tersendiri untuk memberitahu situasi khusus kepada sesama rekan di dalam pesawat terbang.

Sebagai contoh, seperti dikutip dari News.com.au, Rabu (10/5/2017), para pramugari dan pramugara akan melakukan gerakan mengepakkan lengan seperti sayap ayam untuk menggambarkan pesanan chicken wrap -- sejenis kebab isi daging ayam. Lalu si penerima pesan biasanya akan mengulangi gerakan tersebut sebelum melaksanakan perintah.

Sandi itu dikuak karena salah satu penumpang maskapai budget Inggris, Easy Jet memaksa untuk diberitahu kode rahasia aneh tersebut.

Kru pesawat terbang umumnya memiliki bahasa isyarat untuk menu makanan. Misalnya, menirukan huruf "T" yang artinya sup tomat, lalu gerakan menempelkan jari ke hidung-- hingga mirip hidung babi --berarti pesanan baguette bacon.

Untuk sandi rahasia yang bukan soal menu makanan beda lagi.

Gerakan dua tangan di kepala berarti ada pesta bujang di kapal. Sementara mengayunkan lengan seperti menggendong anak berarti ada botol susu bayi yang perlu dipanaskan.

Rekaman berisi sandi rahasia di pesawat yang dirilis salah satu situs berbagi video itu dipraktikkan oleh peran pengganti pramugari dan pramugara. Namun salah satu maskapai budget di Inggris mengklaim bahwa tanda-tanda tersebut memang digunakan dalam kehidupan nyata di kabin.

Berikut ini rekamannya:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.