Sukses

1.600 Warga Hungaria Berbondong-bondong Kunjungi Bazar Amal RI

Acara yang dihadiri warga Hungaria ini dilaksanakan di KBRI Budapest dan kental dengan suasana Indonesia.

Liputan6.com, Budapest - Tahun ini, KBRI dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Budapest kembali mengadakan Indonesian Days and Charity Bazaar (IDCB) kelima. Kegiatan yang dilaksanakan pada 6-7 Mei 2017 ini, berhasil menarik lebih dari 1.600 masyarakat Hungaria.

Melalui perhitungan kotor, pasar dadakan ini berhasil membukukan lebih dari 1.200 transaksi senilai US$ 20.000.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, IDCB mengundang pengusaha kecil dan menengah dari Indonesia untuk memasarkan produknya di Hungaria. Selain itu, acara ini bertujuan mengajak importir produk-produk Indonesia yang ada di negeri itu untuk memasarkan produknya secara cuma-cuma.

Seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Selasa (9/5/2017), tercatat IDCB 2017 diikuti oleh lima UKM asal Indonesia dan empat pengusaha asal Hungaria.

"Kegiatan ini promosi terpadu dalam rangka lebih memperkenalkan dan mendekatkan produk Indonesia kepada Masyarakat Hungaria, yang memiliki minat tinggi akan produk Indonesia bernilai seni. Pada IDCB 2017, selain ukiran dengan nilai seni tinggi, tersedia juga produk produk unggulan seperti kopi, teh, produk olahan kelapa dan turunannya serta bumbu-bumbu khas Indonesia," jelas Kepala ITPC Budapest, Hikmat Rijadi dalam sambutannya.

Acara yang dilaksanakan di KBRI Budapest ini kental dengan suasana Indonesia. Ini terlihat dari pemasangan kain poleng pada pohon-pohon KBRI dan para panitia IDBC yang berpenampilan khas Bali.

Sebelum acara, panitia juga melaksanakan kirab budaya di jalan sekitar KBRI untuk menarik perhatian pengunjung.

Upaya Mengenal Indonesia

Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Budapest, Abas Basori dalam sambutannya mengajak masyarakat Hungaria untuk lebih mengenal Indonesia dari budaya dan keseniannya. Salah satunya dengan mengikuti workshop pembuatan batik, yang disediakan oleh KBRI Budapest dalam IDCB dan menarikan Gemu Famire bersama sama.

IDCB juga dimeriahkan dengan hadirnya kuliner khas Indonesia yang penyediaannya dimotori oleh WNI di Budapest.

Dalam dua hari pelaksanaan IDCB, masyarakat Hungaria menikmati kuliner khas Indonesia, seperti satai ayam, gudeg Yogya, Nasi Bakar, klapertaart durian, coto makassar serta jajanan khas RI lainnya.

Pengunjung IDCB 2017 pun menyampaikan dukungannya, apabila Indonesia membuka restoran khas makanan Indonesia di Hungaria.

IDCB 2017 secara keseluruhan meninggalkan kesan yang mendalam bagi masyarakat Hungaria, karena selain menikmati kesenian, makanan dan dapat berbelanja produk khas Indonesia, mereka juga beramal. Itu karena 10 persen dari hasil penjualan barang dan produk Indonesia di IDBC disumbangkan untuk panti jompo di Kota Abasar- Hongaria.

Untuk menarik minat masyarakat lebih banyak berbelanja, KBRI dan ITPC menyediakan doorprize menarik berisi produk-produk Indonesia dan sepeda gunung.

Acara yang dilaksanakan selama 2 hari di KBRI Budapest ini akan dilanjutkan kembali di Vasarcsarnok pada 9-11 Mei 2017. Selain masyarakat umum Hungaria, acara IDCB juga dihadiri oleh kalangan diplomatik negara-negara sahabat seperti Dubes Thailand, Dubes Lithuania, Dubes Palestina dan istri dari Duta Besar Arab Saudi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.