Sukses

Paus Fransiskus Geram dengan Julukan untuk Bom AS, Ada Apa?

Bom itu diberi nama 'mother of all boms' atau jika diterjemahkan secara bebas, 'ibu dari segala bom'. Mengapa Paus begitu marah?

Liputan6.com, Vatikan - Paus Fransiskus geram dan mengecam Amerika Serikat. Kali ini, pemimpin tertinggi umat Katolik itu mengkritik bom yang diklaim memiliki kekuatan terbesar --selain nuklir-- yang pernah digunakan dalam pertempuran.

Bom itu diberi nama 'mother of all boms' atau jika diterjemahkan secara bebas, 'ibu dari segala bom'.

"Saya sangat malu ketika mendengar nama bom itu," kata Paus kepada siswa yang hadir dalam sebuah pertemuan di Vatikan.

"Seorang ibu memberikan kehidupan, namun ibu yang satu ini justru memberikan kematian. Dan kita menyebut alat itu 'ibu'. Ada apa dengan semua ini?" ujar Paus seperti dikutip dari BBC, Minggu (7/5/2017).

Bulan lalu, militer AS menjatuhkan bom semacam itu. Peledak itu memiliki berat 9.800 kilogram. Adapun target yang mereka sasar adalah ISIS di Afghanistan.

Pentagon mengatakan bom itu dijatuhkan dari pesawat tempur AS di Provinsi Nangarhar. Mereka mengklaim targetnya adalah kompleks lorong bawah tanah yang digunakan ISIS.

Bom itu memiliki nama resmi GBU-43/B Massive Ordnance Air Blast Bomb (MOAB) namun lebih terkenal dengan nama "the mother of all bombs".

Pertama kali diuji coba pada 2003 namun belum pernah dipraktikkan dalam pertempuran. Dan baru pada bulan lalu, bom itu akhirnya dikerahkan.

Komentar Sri Paus ini muncul menjelang pertemuannya dengan Presiden AS Donald Trump yang rencananya akan digelar pada 24 Mei mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini