Sukses

Bom Perang Dunia II Paksa Evakuasi 50.000 Orang

Temuan bom sisa Perang Dunia II memaksa evakuasi 50.000 orang di Jerman.

Liputan6.com, Hannover - Sekitar 50.000 orang di Hannover Jerman akan dievakuasi dari tempat tinggal mereka pada Minggu 7 Mei 2017. Upaya itu dilakukan karena para ahli akan menjinakkan lima bom peninggalan Perang Dunia II yang ditemukan di sejumlah area kota.

Seperti diberitakan BBC, Sabtu (6/5/2017), operasi penjinakan bom sisa Perang Dunia ini merupakan yang kedua dilakukan di Jerman. Kali ini diprediksi akan berdampak pada sekitar sepersepuluh populasi kota.

Evakuasi akan dilakukan terhadap penghuni rumah dan gedung, yang berada di kawasan terdampak, termasuk tujuh rumah perawatan, sebuah klinik, dan pabrik ban Continental.

Pemerintah berharap, warga yang terdampak dapat kembali ke rumah mereka pada Minggu malam.

Evakuasi mulai dilakukan pada pukul 09.00 pagi waktu setempat. Para penduduk disarankan untuk membawa barang-barang yang dibutuhkan seperti obat-obatan bersama mereka ketika pergi dari gedung.

Warga juga diminta memadamkan aliran gas dan sambungan listrik untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Otoritas lokal melaporkan bahwa upaya penjinakan bom ini juga akan berdampak pada perjalanan kereta.

Pemerintah kota juga telah menyusun program tur, pemutaran film anak-anak dan pertandingan olahraga untuk membantu mereka yang dievakuasi menghabiskan waktu sembari menanti bom-bom lawas itu dijinakkan.

Menurut kantor berita Jerman, DPA, puluhan ribu porsi sup telah disiapkan untuk masyarakat yang mengungsi saat penjinakan bom dilakukan.

'Jejak' Bom Perang Dunia II

Bom-bom itu diduga berasal dari peristiwa masa lalu, kala pesawat sekutu membom Hannover selama Perang Dunia II yang menewaskan puluhan ribu orang dan menghancurkan sebagian besar kota.

Pada 9 Oktober 1943, 1.245 orang tewas dan 250.000 kehilangan rumah mereka akibat dijatuhi 260.000 bom. Evakuasi yang dilakukan terkait bom peninggalan Perang Dunia II tersebut merupakan yang terbesar sejak Hari Natal tahun lalu, di Augsburg.

Sekitar 54.000 orang dievakuasi setelah sebuah bom dengan berat 3,8 ton ditemukan dalam proyek pembangunan gedung.

Berikut ini beberapa 'jejak' lain terhadap bom Perang Dunia II.

Mei 2015: 20.000 orang di Cologne dipaksa untuk meninggalkan rumah mereka setelah satu ton bom ditemukan.

Januari 2012: Seorang pekerja konstruksi tewas ketika alat penggalinya terkena sebuah bom yang belum meledak di Euskirchen.

Desember 2011: 45.000 orang dievakuasi dari Koblenz setelah dua bom ditemukan di palung sungai Rhine. Butuh waktu tiga jam untuk menyelamatkan mereka.

Juni 2010: Tiga orang anggota pasukan penjinak bom tewas di Goettingen dalam operasi penjinakan sebuah bom yang ditemukan di gedung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.