Sukses

Warga Yunani Antusias Ikut Kelas Memasak Pepes Ikan dan Mi Goreng

KBRI Athena memperkenalkan ikan pepes dan mie goreng seafood kepada publik di Kepulauan Kefalonia.

Liputan6.com, Kefalonia - KBRI Athena menggelar kelas memasak menu Indonesia di Kepulauan Kefalonia di Yunani barat.

Masakan ikan pepes dan mi goreng seafood diperkenalkan melalui program kelas memasak yang diselenggarakan di En Kefallinia Organic Farm Restaurant belum lama ini.

Program kelas memasak yang terselenggara atas kerjasama KBRI Athena dengan Ionion Center for the Arts and Culture (ICAC) dan En Kefallinia Organic Farm Restaurant dilaksanakan dua sesi.

Sesi pertama pukul 09.00-12.30 dan sesi kedua pukul 18.00-21.30. Kelas memasak itu mendapatkan perhatian media setempat dan sambutan baik dari para peserta yang terdiri dari chef, akademisi, masyarakat umum dan wisatawan yang berlibur di pulau Kefalonia.

Dalam sambutan pembukaan, seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Sabtu (6/5/2017), KUAI RI menyampaikan bahwa Indonesia kaya akan ragam kuliner.

Ikan pepes dan mi goreng seafood dipilih sebagai menu kelas memasak, mempertimbangkan selera publik Yunani terutama yang menetap di pulau-pulau yang lebih menyukai olahan makanan laut.

Kelas diawali dengan penjelasan bahan-bahan untuk memasak ikan pepes dan mi goreng seafood, yang tersedia di pasar setempat dan tahapan proses memasak. Selanjutnya para peserta diundang untuk mempraktikkannya dan diakhiri dengan menikmati hasil masakan bersama.

Setelah menikmati hasil masakan, para peserta menilai proses memasaknya tidak sulit sehingga dapat dipraktikkan dengan mudah di rumah.

"Polý nóstimo kai polý wraió", masakan ini sangat nikmat dan baik sekali, demikian komentar para peserta.

"Dalam acara itu, para peserta diberikan brosur resep dan cara memasak ikan pepes dan mi goreng seafood," kata John Admiral, Counsellor Pensosbud KBRI Athena.

Secara khusus, KBRI Athena memberikan buku kumpulan resep kuliner unggulan Indonesia yang diterbitkan oleh Kementerian Pariwisata kepada Georgia dan Michailis, pemilik sekaligus chef En Kefallinia Organic Farm Restaurant.

Untuk mempertahankan positioning sebagai restoran organik, Georgia dan Michailis akan mempelajari dan mencoba resep kuliner Indonesia dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di kebun dan memasukkan jenis kuliner tersebut dalam daftar menu di rumah makan mereka.

Program Director ICAC Sophie Kagadis kemudian menyampaikan apresiasi kepada KBRI Athena, atas kerjasama yang telah terjalin dengan baik. Ke depannya diharapkan akan ada pelatihan seni budaya lainnya untuk publik Kefalonia.

Sebelumnya pada 9-11 Juni 2015, KBRI Athena menyelenggarakan kelas membatik di ICAC yang terselenggara dengan sukses.

ICAC adalah salah satu lembaga pendidikan, riset dan seni internasional terkemuka di Kefalonia yang memiliki kerjasama dengan lembaga riset dan universitas di Eropa, Australia dan Amerika Serikat. Sejak tahun 2010, ICAC menyelenggarakan berbagai program pelatihan pendidikan, riset dan seni dengan peserta seniman dan akademisi internasional.

Kefalonia terletak di laut Ionian barat Yunani, yang merupakan salah satu tujuan wisata utama dengan keindahan pantai dan alam pegunungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini