Sukses

Trump Memilih 3 Negara Ini untuk Kunjungan Perdana Luar Negeri

Ketiga pilihan negara itu dipilih Trump karena ia memiliki tujuan untuk melawan terorisme dan perdamaian di Timur Tengah.

Liputan6.com, Washington - Presiden AS ke-45 Donald Trump telah melewati 'masa bulan madu' 100 hari di Gedung Putih. Kini saatnya, miliarder nyentrik itu akan memulai kunjungan perdana ke luar negeri.

Trump akan memulai kunjungan perdananya pada bulan ini. Adapun negara yang dia pilih adalah Vatikan, Israel dan Arab Saudi.

Menurut penasihat Trump, ketiga pilihan negara itu memiliki tujuan untuk melawan terorisme dan perdamaian di Timur Tengah.

Dikutip dari CNN, Jumat (5/5/2017), tiga negara itu akan dikunjungi Trump sebelum ia menghadiri pertemuan NATO di Brussels pada 25 Mei dan G7 di Italia pada 26 Mei.

"Arab Saudi adalah penjaga dua situs tersuci dalam Islam, dan di sanalah kita akan mulai membangun landasan kerjasama dan dukungan baru dengan sekutu Muslim untuk memerangi ekstremisme, terorisme dan kekerasan, dan untuk merangkul yang lebih adil dan masa depan yang penuh harapan bagi kaum muda Muslim di negara mereka," kata Trump pada hari Kamis, saat mengumumkan perjalanannya di upacara Rose Garden -- di mana dia menandatangani sebuah perintah eksekutif kebebasan beragama.

"Tugas kami bukan untuk mendikte orang lain bagaimana cara hidup, tapi untuk membangun koalisi teman dan mitra yang memiliki tujuan memerangi terorisme dan membawa keselamatan, kesempatan dan stabilitas ke Timur Tengah," kata Trump.

Sementara itu, ibu negara Melania Trump "akan menemani suaminya untuk seluruh perjalanan," kata juru bicara East Wing kepada CNN.

Trump, menurut seorang pejabat senior mengatakan, merasa ingin menyelesaikan perdamaian Timur Tengah.

"Ini adalah satu hal yang harus dia coba lakukan selama masa kepresidenannya dan telah sangat terlibat" dengan "banyak gagasan" selama perencanaan perjalanan itu," ungkap pejabat tersebut.

Perjalanan tersebut telah dikoordinasikan oleh Gedung Putih, bekerja sama dengan Dewan Keamanan Nasional dan Departemen Luar Negeri, kata pejabat lain.

Sampai saat ini, Trump telah memberikan tugas perjalanan luar negeri ke para ajudan dan anggota kabinetnya, termasuk Wakil Presiden Mike Pence. Lainnya adalah penasihat keamanan nasional H.R. McMaster dan Menteri Luar Negeri Rex Tillerson.

Melawan Terorisme

Pejabat senior lainnya mengatakan kepada CNN bahwa pemilihan tiga negara itu adalah bagian dari strategi untuk menjangkau lintas agama dan negara-negara untuk memerangi ekstremisme - keduanya untuk melawan ISIS dan untuk lebih mengisolasi Iran.

Trump juga direncanakan mengunjungi Yerusalem, Israel, dan Riyadh, Arab Saudi, menurut seorang pejabat administrasi senior.

"Arab Saudi penting karena negara itu bisa banyak meyakinkan pemimpin dari dunia Muslim, dan Anda akan melihat bahwa ada banyak tujuan yang bisa mereka bagi dengan Amerika," kata seorang pejabat senior pemerintah.

Trump menjalankan larangan Muslim memasuki Amerika Serikat, mengusulkan pengumuman pada bulan Desember 2015, sebuah "penghentian total total umat Islam yang masuk ke Amerika Serikat" sampai pejabat Amerika bisa menangani teror.

Sementara itu perlahan janji kampanyenya mulai diwujudkan. Salah satu tindakan pertama Trump di Gedung Putih adalah mendorong larangan perjalanan untuk tujuh - dan akhirnya enam negara mayoritas Muslim.

Perjalanan ini dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa semboyan "America First" Trump "sepenuhnya sesuai dengan kepemimpinan Amerika di dunia," kata pejabat lain.

Pejabat senior pemerintah mengatakan ini saatnya pemerintah Trump dapat menjalankan kebijakan yang "memperkuat tangan AS dan melemahkan musuh kita."

"Beberapa hal akan diformalkan dan diumumkan pada saat menjelang kunjungan," kata seorang pejabat senior pemerintah.

Seorang pejabat senior lainnya mengatakan bahwa kunjungan pejabat Arab Saudi mengungkapkan keterbukaan ,untuk melangkah dan memimpin dengan cara yang tidak pernah dilakukan pejabat di negara tersebut sejak 9/11.

"Arab Saudi menyadari tantangan yang dimilikinya, dan ada perasaan serupa di seluruh wilayah," kata pejabat tersebut.

Sebagian dari masalah itu, kata pejabat tersebut, berasal dari kesepakatan nuklir pemerintah Obama dengan Iran, yang mereka anggap menyediakan jalur senjata nuklir untuk negara tersebut, serta pendanaan terorisme yang terus berlanjut di seluruh wilayah Iran.

Pejabat senior Trump menambahkan bahwa pemerintah AS telah bekerja keras untuk menghasilkan "serangkaian hal yang berarti" yang akan diumumkan di seputar perjalanan.

Presiden AS, Donald Trump dan Presiden Palestina, Mahmoud Abbas berbincang saat melakukan pertemuan di Gedung Putih, Washington, AS (3/5). Pertemuan membicarakan seputar upaya perdamaian Timur Tengah melalui cara diplomatik. (AFP Photo/Mandel Ngan)


Perjalanan luar negeri Trump yang tertunda ini berbeda dengan presiden sebelumnya semenjak Presiden Lyndon B. Johnson, yang menunggu lebih dari 10 bulan setelah Presiden John F. Kennedy terbunuh untuk bepergian ke luar negeri.

Trump juga presiden AS pertama sejak Carter yang tidak melakukan perjalanan pertamanya ke Meksiko atau Kanada.

Penasihat utama Trump menegaskan bahwa presiden fokus untuk membuat kesepakatan dengan para pemimpin asing dalam upaya menciptakan planet yang lebih aman, meski tidak ada perjalanan luar negeri. Mereka menunjukkan seringnya kunjungan dari pemimpin asing - termasuk kunjungan terakhir Presiden Palestina Mahmoud Abbas - sebagai bukti bahwa Trump memiliki pengaruh terhadap urusan luar negeri dari Gedung Putih.

Sekretaris pers Gedung Putih Sean Spicer mengatakan pada hari Kamis bahwa perjalanan pertama presiden tersebut terjadi setelah Raja Salman bin Abd Al-Aziz dari Arab Saudi, Presiden Reuven Rivlin dan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dari Israel dan Presiden Mahmoud Abbas dari Otoritas Palestina memberi undangannya kepada Trump.

"Trump juga akan bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan dalam perjalanannya," kata Spicer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini