Sukses

Qari Wafat Saat Baca Alquran di Indonesia Jadi Sorotan Media Arab

Liputan6.com, Surabaya - Insiden wafatnya seorang qari atau orang yang mahir membaca Alquran saat haul keluarga Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, ternyata tak hanya menjadi perhatian di Tanah Air. Peristiwa itu juga jadi sorotan media Arab.

Arab News melalui artikel berjudul 'Indonesian Qur’an reciter dies live on-air', menceritakan wafatnya Ja'far Abdul Rachman ketika membaca ayat suci Alquran.

Laman tersebut juga menuliskan bahwa sejumlah pengguna media sosial kemudian mengedarkan rekaman dan memberikan pujian untuk sang qari.

Melalui tulisan bertajuk 'Eminent Indonesian Quran reciter passes away live on air', media Iran, Press TV juga mengulas peristiwa itu, dilengkapi video berdurasi sekitar 3 menit yang menayangkan detik-detik wafatnya Ja'far Abdul Rachman.

Video tersebut juga diangkat oleh Al Arabiya News, dengan artikel berjudul 'VIDEO: Indonesian dies while reciting Quran during official ceremony'.

Al Arabiya juga memuat pendapat sejumlah netizen yang membagikan video tersebut dan memberikan pujian pada sang qari -- dengan menyebut kematiannya sebagai 'khusnul khatimah'.

Qari meninggal saat baca Alquran (Screen grab)

Sementara Khaleej Times menuliskannya dengan tajuk 'Video: Indonesian man dies while reciting Holy Quran'.

Tak hanya media Timur tengah, situs berita Inggris, Metro juga mengulas wafatnya Ja'far saat membaca Alquran melalui tulisan 'Prominent Quran reciter dies on-air while reading holy book of Islam'.

Harlah ke-71 Muslimat NU digelar sekaligus haul keluarga Khofifah Indar Parawansa di kediaman Mensos, Kompleks Perumahan Jemursari Surabaya.

Ustaz Ja'far membaca surat Al-Mulk, pada saat memasuki ayat kedua, suaranya tiba-tiba semakin pelan lalu tubuhnya tertunduk dan terjatuh.

Almarhum kemudian dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Jemur Wonosari, Surabaya, Jawa Timur.

"Meninggalnya karena serangan jantung. Sepengatahuan saya, beliau pernah operasi jantung," kata Menteri Khofifah, Senin, 24 April 2017.

Mensos pun mengatakan, almarhum meninggal dunia dalam kondisi yang baik. 

"Insya Allah beliau ini meninggal dalam keadaan khusnul khatimah karena meninggal saat membaca Alquran dan pada acara yang penuh berkah," ujar Khofifah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini