Sukses

Jepang Tawarkan Beasiswa S2-S3, Cek Syaratnya di Sini

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Jepang menawarkan beasiswa Monbukagakusho bertema Program Research Student 2018. Tawaran itu terbuka sejak 26 April 2017.

"Kedutaan Besar Jepang akan membuka penawaran beasiswa kepada mahasiswa/mahasiswi Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di universitas di Jepang sebagai research student (S2 / S3) pada tahun akademis 2018 (tahun ajaran baru per April 2018 / per Oktober 2018) dalam Program Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho)," jelas pihak Japan Embassy dalam keterangan tertulisnya yang Liputan6.com muat Jumat (27/4/2017).

Mereka yang tertarik harus memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya:

(1) Pelamar berkewarganegaraan Indonesia
(2) Pelamar lahir pada dan setelah tanggal 2 April 1983
(3) IPK dari universitas jenjang pendidikan terakhir diutamakan minimum 3,2
(4) Nilai TOEFL diutamakan minimum 570 atau TOEFL-IBT minimal 80 atau IELTS minimal 6,5, atau nilai Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal level 2/ N2.

Bagi mereka yang sudah memenuhi kualifikasi, akan diberikan tiket pulang-pergi, uang masuk universitas dan biaya kuliah melalui beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho).

Selain itu para mahasiswa akan menerima uang saku setiap bulannya untuk biaya kehidupan sehari-hari.

Anda yang tertarik mengikuti program tersebut bisa melakukan registrasi online, dan mengisi formulir pendaftaran di website Kedutaan Besar Jepang http://www.id.emb-japan.go.jp.

Dokumen lamaran harus diserahkan kembali kepada Kedutaan Besar Jepang sebelum tanggal 16 Mei 2017, secara langsung atau dikirim melalui pos (paling lambat 16 Mei 2017 dokumen harus sudah diterima).

Pertanyaan mengenai program beasiswa ini dapat menghubungi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia melalui email beasiswa@dj.mofa.go.jp.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.