Sukses

Bukan karena Syiah, Ini Alasan Iran Dukung Presiden Assad

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Iran untuk Indonesia, Valliollah Mohammadi, membeberkan alasan kenapa negaranya tetap mendukung Presiden Suriah Bashar Al-Assad. Dukungan Iran kerap mendapat tentangan dari negara Barat.

Iran juga kerap mendapat tuduhan mendukung Assad karena sama-sama pengikut Syiah. Namun, hal tersebut dibantah oleh Mohammadi.

Dia mengatakan, ada alasan tepat kenapa negaranya terus mendukung Assad. Iran dan Suriah sama-sama mempunyai lawan yang sama, yaitu kelompok teroris.

"Iran tidak pernah mempermasalahkan Syiah atau Sunni. Kami semua membicarakan tentang melawan terorisme," ucap Mohammadi di kantor PP Muhamadiyah, di Jakarta pada Rabu, 26 April 2017. 

Iran, kata Mohammadi, menginginkan perdamaian kembali tercipta di Suriah. Masalah pertikaian Syiah dan Sunni pun hanya propaganda yang diciptakan oknum tertentu.

"Mereka (warga Sunni dan Syiah) bisa jadi menteri, pejabat kota, sampai rakyat biasa. Mereka tinggal di wilayah yang sama dengan kita, hidup berdampingan dengan saudara mereka yang Syiah tanpa ada masalah dengan Syiah atau Sunni," katanya.

"Tidak ada masalah dengan Syiah atau Sunni. Kita semua bersaudara. Namun ini berita propaganda kalau Iran support Suriah karena Syiah atau apa pun. Ini tidak benar," jelasnya.

Di negaranya, Mohammadi menceritakan, tidak ada masalah sama sekali Sunni atau Syiah. Mereka bisa hidup berdampingan dengan baik.

"Iran bukan negara Syiah atau Sunni. Di Iran, kita punya lebih dari 10 juta warga Sunni. Mereka tinggal di salah satu provinsi di Iran tanpa masalah apa pun," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.