Sukses

Top 3: Waktu Singkat Jepang untuk Berlindung dari Nuklir Korut

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah maraknya isu misil nuklir antara sejumlah negara di Semenanjung Korea, salah satu negara di sana mulai mempersiapkan diri jika kemungkinan rudal nuklir menghantam kampung halamannya.

Adalah Jepang yang kini dilaporkan tengah merancang sebuah mekanisme evakuasi warga jika sewaktu-waktu jari Kim Jong-un terasa 'gatal' dan menarik pelatuk hulu ledak nuklir ke Negeri Sakura. Dan, karena jarak kedua negara yang cukup berdekatan, pemerintah Jepang cuma punya waktu singkat.

Artikel yang mengulas tentang singkatnya durasi Jepang untuk melakukan mekanisme evakuasi dan perlindungan warga dari serangan nuklir Korea Utara paling menyedot perhatian pembaca liputan6.com kanal Global edisi Rabu (26/4/2017) pagi.

Selain itu, dua berita lain yang tak luput dari perhatian pembaca adalah artikel tentang daftar negara dengan anggaran militer terbesar sedunia sebagai dugaan persiapan Perang Dunia III. Pernyataan jumawa Korea Utara yang mengaku mampu menenggelamkan kapal induk Amerika Serikat USS Carl Vinson dengan sekali serangan juga jadi incaran pembaca.

Berikut Top 3 Global Selengkapnya:

 

1. Ini Waktu yang Dimiliki Jepang untuk Berlindung dari Nuklir Korut

Seorang pria melihat laporan berita tentang rudal Korea Utara, di sebuah stasiun kereta di Seoul, Korea Selatan. Pemimpin Korut, Kim Jong-Un memerintahkan pasukannya menyiagakan senjata nuklir untuk bisa digunakan kapan saja. (AFP PHOTO/Jung YEON-JE)

Pemerintah Jepang mengakui bahwa jika negaranya diserang nuklir oleh Korea Utara, warga Negeri Sakura hanya punya waktu selama 10 menit untuk bersiaga dan menyelamatkan diri.

Hanya setara 600 detik pula waktu yang dimiliki pemerintah untuk mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan evakuasi dari kedatangan misil nuklir Kim Jong-un yang akan menghantam Jepang.

Selengkapnya...

 

2. Ini 15 Negara dengan Anggaran Persiapan Perang Dunia III Terbesar

Kapal induk USS Carl Vinson dikawal sejumlah kapal perang (AFP)

Menilik beberapa peristiwa militer penting sepanjang tahun 2017 ini, rasanya tak berlebihan jika praduga mengenai akan meletusnya Perang Dunia III terlintas di benak sebagian masyarakat global, terutama mereka yang intens mengikuti perkembangan berita internasional.

Keterlibatan sejumlah negara pada konflik bersenjata seperti di Suriah, atau tensi tegang yang rentan mengarah pada perang terbuka antara Korea Utara dengan Amerika Serikat, memancing rasa penasaran jurnalis serta pembaca untuk mengetahui seberapa besar dana anggaran yang disediakan para negara tersebut.

Selengkapnya...

 

3. Korut: Kami Akan Tenggelamkan Kapal Induk AS dengan Sekali Pukul

Sebuah tayangan televisi di Korea Selatan menunjukkan ilustrasi penembakan misil Korea Utara pada 6 Maret 2017 (Lee Jin-man/AP)

Korea Utara kembali mengeluarkan ancaman kepada AS. Dengan mendekatnya kapal induk USS Carl Vinson, negeri pimpinan Kim Jong-un itu pun bersuara keras.

"Tentara revolusi kan siap bertempur untuk mengenggelamkan kapal tempur AS yang membawa nuklir hanya dengan sekali pukul," kata editorial koran milik Partai Pekerja, Rodong Sinmum.

Selengkapnya...

 

 

Artikel Selanjutnya
AS dan Rusia Beda Pendapat Soal Sanksi Kepada Korea Utara
Artikel Selanjutnya
Pasca-Uji Coba Nuklir Korut, Trump Setuju Jual Senjata ke Korsel