Sukses

Lempar Stroller dan Usir Penumpang, American Airlines Dikecam

Awak kabin juga mengancam penumpang yang membela korban kekerasan American Airlines.

Liputan6.com, San Francisco - Maskapai nasional milik Amerika Serikat kembali menjadi sorotan. Setelah United Airlines yang buat heboh karena telah menyeret penumpang, kali ini American Airlines (AA) yang berbuat kurang lebih sama.

Sebuah rekaman memperlihatkan awak kabin mengajak bertengkar salah seorang penumpang yang membela penumpang lain -- ibu dengan dua anak kembarnya-- yang diduga diusir dari pesawat.

Saksi mata mengatakan insiden berawal ketika seorang awak kabin mengambil dengan kasar stroller di Penerbangan 591 pada Jumat 22 April 2017 pukul 13.00

"Awak kabin pria itu merampas dan stroller itu nyaris mengenai kepala bayinya," kata Olivia Morgan kepada New York  Times. 

Morgan kemudian protes atas insiden itu, lantas seorang awak kabin lainnya berteriak sambil menunjuk, "Jangan turut campur!".

 Awak kabin American Airlines berteriak, 'pukul' saya ketika seorang penumpang pria mencoba membela penumpang lain yang seorang ibu.

Penumpang bernama Surain Adyanthaya, yang memfilmkan insiden itu, mengklaim awak kabin itu "secara kasar mengambil stroller dari seorang perempuan dengan bayinya di pesawat saya. Stroller itu mengenai tubuh ibu itu dan nyaris melukai anaknya." Demikian Liputan6.com kutip dari News.com.au, Minggu (23/4/2017). Namun, ia merekam mulai dari awak kabin yang marah, dia tak sempat merekam adegan stroller dirampas dengan kasar. 

"Mereka juga memaksa mengawal si ibu dan bayi-bayinya untuk keluar dari pesawat dan membiarkan awak kabin itu bertengkar dengan penumpang lainnya," tambah Surain.

"Si ibu meminta permintaan maaf namun petugas AA menolak melakukannya," lanjutnya.

Seorang penumpang yang belakangan bernama Tony beranjak dari tempat duduknya dan protes dengan perlakuan awak kabin.

Terdengar pria itu berkata 'tidak akan duduk dan melihat adegan itu sebelum meminta bertemu dengan awak kabin yang bertanggung jawab telah memukul ibu itu.

Ketika seorang petugas AA masuk ke pesawat, penumpang pria itu berkata: "Anda cari orang yang bertanggung jawab itu dan saya akan tendang dia."

Namun, tiba-tiba petugas itu maju dan menunjuk kepada penumpang itu untuk, "jangan ikut campur urusan ini."

Kedua orang itu kemudian berargumentasi satu sama lain sebelum akhirnya kru itu berkatta: Pukul saya! Anda tak tahu cerita di balik ini semua."

Penumpang pria itu lantas kembali ke tempat duduk sambil berkata, "Anda hampir melukai bayi. Mungkin sekarang Anda sudah divideokan juga dan akan disiarkan ke mana-mana."

Surian yang merekam adegan itu kemudian mengunggah foto dalam Facebook memperlihatkan perempuan itu dikawal keluar dari pesawat bersama bayi kembarnya.

Berikut rekaman video pengusiran itu:


Juru bicara American Airlines mengatakan bahwa apa yang terlihat dalam rekaman itu tidak merefleksikan nilai-nilai perusahaan.

"Serta tidak mereflesikan cara kami bertanggung jawab dengan penumpang," kata juru bicara AA. "Kami meminta maaf atas apa yang menimpa terhadap penumpang itu beserta keluarganya, juga seluruh penumpang lainnya yang terdampak."

"Kami sudah memastikan bahwa kebutuhan keluarga penumpang itu sudah dipenuhi dan dia berada dalam perawatan kami," ujar pernyataan AA.

"Setelah diberi penerbangan lain, kami benar-benar memperhatikan dia dan keluarganya termasuk memberikan first class untuk perjalanan internasionalnya," lanjut pernyataan AA.

"Kami juga sangat kecewa dengan insiden ini dan petugas yang bersangkutan telah kami grounded dari tugasnya. Investigasi kini telah dilakukan," tutup pernyataan itu.

Pesawat itu akhirnya meninggalkan bandara satu jam kemudian dari jadwal yang ditentukan akibat insiden itu. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.