Sukses

4 Rangkaian Teror Paris di Awal 2017, Pertanda Apa?

Awal 2017 ini telah terjadi empat teror di Prancis. Bentuk teror berbeda-beda, mulai dari penembakan hingga penikaman.

Liputan6.com, Paris - Paris, Prancis dilanda serangkaian teror pada awal 2017. Yang terbaru, anggota kepolisian negara tersebut tewas akibat serangan di Champs-Élysees, Paris.

Selama awal 2017 ini, terhitung telah terjadi empat teror di Prancis. Bentuk teror berbeda-beda, mulai dari penembakan hingga penikaman.

Akibat dari rangkaian aksi teror tersebut, korban jiwa dan luka terus bertambah. Prancis pun semakin memperketat kemanannya.

Pengetatan sangat perlu dilakukan. Sebab, dalam waktu sangat singkat negara itu akan menyelenggarakan pemilihan presiden.

Berikut 4 teror Prancis yang Liputan6.com rangkum dari beberapa sumber, Sabtu (22/4/2017).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penembakan di Champs-Elysees

Polisi mensterilkan kawasan Champs Elysees di Paris setelah penembakan terhadap aparat kepolisian Prancis, Kamis (20/4). Otoritas Paris mengaku sudah mengantongi nama pelaku yang akhirnya ditembak mati oleh petugas tersebut. (AP Photo/Thibault Camus)

"Penembak polisi Prancis adalah tentara kami."

Begitu bunyi pernyataan dari kelompok teror ISIS melalui lewat kantor beritanya, Amaq.

Tempat kejadian Champs-Elysees yang merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Paris. Pada Kamis, 20 April 2017 malam terjadi penembakan yang ditargetkan kepada aparat keamanan setempat.

Jaksa setempat menyebutkan pria pelaku penembakan polisi Paris itu diidentifikasi sebagai seorang mantan narapidana bernama Karim Cheurfi.

Sebuah catatan yang membela kelompok teroris ISIS ditemukan di dekat jasadnya.

"Cheurfi terlibat dalam empat kasus kriminal," kata jaksa penuntut.

"Pembunuh tersebut telah berbicara tentang keinginan untuk membunuh petugas polisi, tapi ia tak memiliki kaitan nyata dengan radikalisme," ujar jaksa Paris, Francois Molins.

Dalam kejadian teror ini pelaku dan seorang polisi harus kehilangan nyawanya. Dua petugas lainnya luka-luka.

3 dari 5 halaman

Serangan di Bandara Orly

Orang-orang yang berada di Bandara Orly di Paris, Prancis, dievakuasi menyusul sebuah insiden penembakan yang terjadi pada Sabtu, (18/3). (AP Photo)

Orang-orang yang berada di Bandara Orly di Paris, Prancis, dievakuasi menyusul sebuah insiden penembakan yang terjadi pada Sabtu, 18 Maret 2017.

Tembakan dilepaskan polisi ke arah seorang pria yang berusaha merampas senjata milik tentara di bandara. Seperti dikabarkan BBC, pelaku dilaporkan tewas.

Selain evakuasi terhadap pengunjung bandara, tindakan pencegahan juga diberlakukan pada para penumpang yang pesawat baru mendarat di bandara kedua terbesar di Paris itu. Mereka tak diizinkan untuk turun.

"Terjebak di pesawat ke #orly. Kami dilarang mendarat," tulis penumpang Isabelle Raynaud di Twitternya.

Sementara itu, operasi pengamanan segera dilakukan, dengan melibatkan pasukan khusus penjinak bom.

"Operasi oleh polisi sedang dilakukan. Dilarang melanggar perimeter pengamanan, dan patuhi instruksi petugas," demikian pengumuman pihak Kepolisian Prancis dalam akun Twitternya, @PoliceNationale.

Orly terletak 13 kilometer di selatan Prancis. Sebelumnya, ia menjadi bandara utama di Paris sebelum pengoperasian Charles de Gaulle.

4 dari 5 halaman

Bom Amplop di Kantor IMF

(Foto: aim.org)

Aksi teror ditujukan kepada Badan Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) di Paris, Prancis pada Kamis 16 Maret 2017.

Satu orang terluka setelah membuka amplop surat, demikian seperti dikutip dari BBC.

Sumber polisi mengatakan, korban hanya mengalami luka ringan.

Kantor IMF di ibu kota Prancis berada di Avenue d'lena, dekat dengan Champs Elysees.

Kepolisian area Prancis mengatakan, korban telah dilarikan ke rumah sakit.

"Operasi sedang dilakukan pada korban yang terluka akibat paket mencurigakan, yang berdasarkan informasi awal, berisi kembang api di dalamnya," kata pihak kepolisian.

Insiden tersebut terjadi setelah paket mencurigakan yang ditemukan di Kementerian Keuangan Jerman di Berlin dipastikan mengandung bahan peledak.

5 dari 5 halaman

Serangan di Galeri Seni Le Louvre

Petugas berjaga-jaga di sekitar Museum Louvre, Perancis, Jumat (3/2). Seorang pria dilaporkan berupaya menyerang seorang tentara Prancis di dekat galeri seni terkenal di Paris, Le Louvre.(AP Photo/Thibault Camus)

Seorang pria dilaporkan berupaya menyerang seorang tentara Prancis di dekat galeri seni terkenal di Paris, Le Louvre. Kejadian ini berlangsung pada Febuari 2017.

Tentara tersebut kemudian melepaskan tembakan untuk melindungi dirinya. Menurut laporan RTL, peristiwa di dekat pusat perbelanjaan Carrousel du Louvre terjadi sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Tersangka dilaporkan membawa dua bilah parang dan dikabarkan mengalami luka serius akibat tembakan yang dilepaskan oleh tentara.

Seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri Prancis mengatakan, pasukan keamanan telah berada di tempat kejadian atas insiden yang disebutnya kritis tersebut.

Orang-orang Carrousel de Louvre telah dievakuasi di tengah kedatangan polisi dalam jumlah besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.