Sukses

Aktivitas Mencurigakan Terlihat di Situs Nuklir Korut, Main Voli?

Liputan6.com, Pyongyang - Para analis yang kerap memantau gambar satelit Korea Utara melaporkan pada Rabu 19 April lalu ada sebuah aktivitas mencurigakan di situs nuklir milik negara itu. Mereka menyimpulkan adanya kegiatan olahraga bola voli.

Gambar yang mengejutkan itu diambil pada Minggu 16 April lalu, di mana saat itu ketegangan AS dan Korut tengah berlangsung.

Permainan bola voli itu dimainkan di tengah-tengah krisis internasional. Menurut para analisis, aktivitas itu mungkin ingin memberikan pesan warga Korut telah berada di situs nulkir. Namun, motif bermain voli di salah satu lapangan situs masih belum jelas.

"Gambar itu memperlihatkan fasilitas itu tengah dalam mode bersiap," kata Joseph Burmudez dari organisasi 38 North, sebuah institut riset di Johns Hopkins University School of Advanced International Studies.

"Sementara entah apa maksud bermain voli. Mungkin ingin memberikan pesan bahwa kami melihat mereka dan kami akan melaporkannya," katanya lagi seperti dikutip dari New York Times pada Jumat (21/4/2017).

Meski demikian, Burmudez menekankan ambiguitas maksud dari Korut.

"Entah mereka ingin mengirimkan pesan bahwa fasilitas itu tengah bersiap atau mereka ingin mengecoh kita, saya tak tahu," tegasnya.

Gambar itu diambil dari situs nuklir di Punggye-ri, daerah pegunungan di bagian utara.

Menurut Burmudez, mereka bermain di lapangan yang diduga kawasan administrasi, barak penjaga, dan pusat komando.

"Meski demikian, kami melihat aktivitas itu mencurigakan," lanjut peneliti Korut kawakan itu.

Bola voli adalah salah satu olahraga favorit warga Korea Utara. Gambar-gambar satelit kerap kali mengambil aktivitas permainan yang diikuti 6 pasang orang itu.

Artikel Selanjutnya
Misteri Kibaran Bendera Korut di Inggris, Vila Kim Jong-un?
Artikel Selanjutnya
AS Kerahkan 'James Bond' Menyusup ke Lingkaran Kim Jong-un