Sukses

Donald Trump Pastikan Melawat ke Asia Tenggara, Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Di sela-sela lawatannya ke Indonesia, Wakil Presiden Amerika Serikat berkunjung ke Sekretariat ASEAN. Kedatangannya disambut langsung oleh Sekjen ASEAN Le Luong Mihn.

Pence beserta rombongan tiba di markas ASEAN yang terletak di Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta pada pukul 17.00. Pertemuan antara dirinya dan Le berlangsung kurang satu setengah jam.

Saat menyambut Pence, Le didampingi oleh 10 kepala perwakilan negara anggota ASEAN.

Usai pertemuan tersebut, orang nomor dua di AS itu mengatakan, AS-ASEAN kembali memperkuat komitmen kerja sama strategis yang sudah terbentuk.

Komitmen tersebut akan diwujudkan melalui beberapa cara. Salah satunya adalah dengan kunjungan resmi Presiden Donald Trump ke Asia Tenggara pada tahun 2017.

"Pagi ini, Presiden Trump menghubungi saya. Ia memastikan akan datang ke East Asia Summit, US-ASEAN Summit di Filipina dan APEC di Vietnam," terang Wapres Pence di Sekretariat ASEAN, Kamis (20/4/2017).

Kedatangan Pence ke Jakarta ini merupakan bagian dari kunjungan kerjanya ke wilayah Asia Pasifik. Sebelum mendarat di Indonesia, Pence telah lebih dulu melawat ke Korea Selatan dan Jepang.

Selepas dari Indonesia, Pence dijadwalkan akan melanjutkan kunjungannya ke Australia.

 

AS dan ASEAN telah memulai hubungan sejak tahun 1977. Pada tahun 2017, relasi tersebut memasuki usia yang ke-40 tahun.

Hubungan dua pihak ini bermula ketika AS menjadikan ASEAN sebagai dialog patner. Lantas, pada 2015 keduanya memperkuat hubungan tersebut dengan meningkatkan kemitraan menjadi strategic patnership.

Artikel Selanjutnya
Perkuat Posisi Korsel, Presiden Moon Kirim Utusan Khusus Ke RI
Artikel Selanjutnya
Bahas Terorisme, Donald Trump Undang PM Najib ke AS