Sukses

Kunjungi Indonesia, Ini 4 Fakta Wapres AS Mike Pence

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence direncanakan akan segera tiba di Jakarta. Di Indonesia Pence dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri beberapa acara lainnya.

Di antaranya, melawat ke Masjid Istiqlal, melakukan kunjungan ke markas ASEAN dan menjadi tamu di forum bisnis Indonesia-Amerika Serikat.

Pence di negaranya dikenal sebagai politikus Partai Republik handal. Sejumlah posisi penting sempat dijabat.

Terakhir, ia menjabat sebagai Gubernur Negara Bagian Indiana, sebelum akhirnya dilamar pada 2016 oleh Donald Trump untuk menjadi Wakil Presidennya.

Ada beberapa fakta unik yang selalu mengelilingi Pence. Berikut sejumlah fakta menarik mengenai [Mike Pence]( 2555213 "") yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

1 dari 5 halaman

Kunjungi Demiliterisasi di Perbatasan Korea

Wakil Presiden AS, Mike Pence mengunjungi desa Panmunjom, yang menjadi pemisah antara Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut), Senin (17/4). Kunjungan ini dilakukan Pence setelah Korut gagal melakukan uji coba rudal. (AP Photo/Lee Jin-man)

Sebelum ke Indonesia, Pence melawat ke Korea Selatan (Korsel) ia mengunjungi demiliterisasi (DMZ) di perbatasan dengan Korea Utara.

DMZ berlokasi di Desa Panmunjom, Provinsi Gyeonggi, sekitar 53 km di sisi barat laut Kota Seoul. Di desa inilah ditandatangani perjanjian Gencatan Senjata Korea pada 1953.

Kunjungan ini menjadi sorotan tajam karena dilakukan sehari setelah Korea Utara gagal meluncurkan misil. Selain itu, kunjungan dilakukan satu bulan setelah Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengunjungi DMZ, di mana ia sempat dipotret oleh tentara Korea Utara yang berada di sisi lain pos pengamatan.

Dalam penjelasan singkatnya kepada awak media di Camp Bonifas, Pence memuji ikatan tak tergoyahkan antara AS dan warga Korea.

"Ayah saya bertugas dalam Perang Korea dengan bergabung bersama Angkatan Darat AS dan dalam perjalanan ke sini, kami melihat beberapa daerah tempat ayah saya berperang bersama pasukan Korea untuk membantu meraih kebebasan," kata Pence seperti dikutip dari ABC News.

"Ini adalah sebuah kehormatan besar untuk menjadi bagian dari kekuatan kita," imbuh dia.

2 dari 5 halaman

Anak Dituduh Vampir

(Sumber @Mike_Pence via Twitter)

Pada 16 Juli 2016, Mike Pence dan keluarganya sedang akan melakukan penerbangan pulang setelah perhelatan besar Partai Republik di New York.

Pence baru saja terpilih sebagai calon wakil presiden dari Partai Republik untuk mendampingi Donald Trump. Setelah lelah menjadi pusat perhatian, keluarga itu merasa perlu menenangkan diri.

Mereka kemudian pergi ke restoran Chili’s dan Pence mencuit sedang bersama keluarga di restoran itu. Namun, kunjungannya ke restoran itupun mengundang komentar netizen.

Komentar tersebut terkait, Charlotte, putri sang cawapres, dituduh sebagai vampir.

Alasannya, dalam foto unggahan ke Twitter, Charlotte tampak tidak mempunyai pantulan dirinya di cermin.

Banyak yang tidak percaya dengan dugaan ini. Beberapa netizen menduga pantulan sosok putri Pence tertutup oleh tubuh ayahnya.

3 dari 5 halaman

Tak Percaya Rokok Bisa Membunuh

Cawapres Partai Republik, Mike Pence (REUTERS / Jonathan Ernst)

Pence pernah menuai kontroversi. Dia mengatakan, ia tidak percaya merokok dapat membunuh seseorang.

Ia menuliskan keraguannya tersebut dalam sebuah artikel opini pada 2000 lalu.

"Sekarang waktunya mengecek secara cepat. Dengan histeria dari kelas politik dan media, merokok tidak membunuh," tulis Pence dalam artikel tersebut.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa sebagai buktinya, dua dari tiap tiga perokok tidak mati karena penyakit terkait merokok dan sembilan dari 10 tidak mengidap kanker paru-paru. Padahal, bukti-bukti dan statistik tersebut bertolak belakang dengan temuan-temuan terbaru para ilmuwan terkait bahayanya merokok.

4 dari 5 halaman

Kunjungi satu-satunya negara di ASEAN, Indonesia

Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence (Jose Luis Magana/AP)

Lawatan ke Indonesia merupakan kunjungan spesial. Sebab, RI adalah negara ASEAN satu-satunya yang dilawat Mike Pence.

Kunjungan ke Jakarta dalam rangkaian lawatan beliau ke kawasan Asia Pasifik, Wapres Pence juga kunjungi Jepang, Korsel dan Australia," kata Direktur Amerika I Kemlu, Adam Tugio.

"Kunjungan ke Jakarta selain menggarisbawahi pentingnya kerjasama AS-Indonesia ini untuk memperdalam hubungan bilateral dan penegasnya pentingnya hubungan Indonesia di kawasan," ucapnya.

Jubir Kemlu Arrmanatha Nasir, menyatakan ada beberapa faktor yang mendorong kenapa Pence mau ke Indonesia. Di antaranya terkait posisi Indonesia sebagai negara demokrasi dengan penduduk mayoritas Islam terbesar di dunia.

"Kita memiliki kemajemukan dan kebhinekaan sama seperti AS yang mengedepankan pluralisme dan memaikan peran untuk menjaga stabiltas dan kemakmuran," sebut pria yang biasa dipanggil Tata.

Artikel Selanjutnya
Dulu Ancam Bercerai, Presiden Duterte Kini Mengaku Sekutu Amerika
Artikel Selanjutnya
Kala JK, SBY, dan Habibie Hadir di Perayaan HUT AS di Jakarta