Sukses

Kisah Toleransi Islam dan Yahudi di New York

Foto orang Yahudi tengah duduk berdampingan dengan perempuan muslim jadi viral, kenapa?

Liputan6.com, New York - Hari Minggu yang padat terjadi di New York. Subway di salah satu kota terbesar di dunia ini terisi penuh. Tidak ada satu tempat duduk yang tersisa.

Jackie Summers, seorang penganut Taoisme, tiba-tiba berdiri dari tempat duduknya. Ia melihat ada pasangan muda Yahudi yang berdiri di depannya.

Kemudian, tempat duduknya pun langsung diberikan. Ternyata, di sebelah pasangan Yahudi tersebut terdapat seorang perempuan Muslim yang sedang menggendong anaknya.

Ia pun memfoto kejadian itu. Foto tersebut menjadi viral dan perbincangan di dunia maya.

"Saya yang seorang Tao, memutuskan memberikan tempat duduk bagi pasangan Yahudi agar mereka bisa duduk bersama. Lalu saya lihat mereka sedikit bergeser supaya ibu Muslim di sebelahnya bisa leluasa menyusui anaknya. Ini semua terjadi Hari Paskah," sebut Summers seperti dikutip dari The Independent, Kamis (19/4/2017).

"Ini adalah Amerika Serikat. Masyarakat membantu sesamanya untuk menjadi masyarakat yang sesungguhnya," ucap dia.

Summers mengaku terkejut dengan apa yang ia saksikan. Sebab, tak pernah terpikir olehnya kalau pasangan Yahudi mau bergeser untuk agar ibu Muslim leluasa menyusui.

Menurut dia, tindakan itu sangat luar biasa dan menggambarkan keharmonisan antar umat beragama.

"Kita hidup dalam zaman, di mana ras, seksualitas dan agama jadi sarana pemecah belah. Dan kadang kita cemas soal warna kulit dan bagaimana cara menyembah Tuhan," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini