Sukses

15 Gaya Wajib, Seperti Ini Rasanya Potong Rambut di Korut...

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara dikenal sebagai negara yang tertutup. Tak mudah untuk memasukinya, pun nyaris mustahil bagi rakyatnya untuk keluar dan membaur dengan warga dunia.

Banyak aturan diberlakukan oleh sang pemimpin, Kim Jong-un, bahkan termasuk potongan rambut bagi para pria dan wanita di Korea Utara. Kabarnya hanya ada 15 gaya rambut yang disetujui di negeri itu.

Panduan gaya potong rambut yang diklaim disetujui Kim Jong-un itu muncul di salon-salon rambut di seluruh penjuru Pyongyang. Tapi yang mengejutkan, sepertinya tak ada gaya rambut laki-laki yang cocok dengan ciri khas yang disukai oleh sang diktator.

Wartawan Finlandia Mika Mäkeläinen berhasil mengabadikan poster gaya rambut itu saat berkunjung ke Pyongyang dalam rangka Day of The Sun -- perayaan 105 tahun lahirnya bapak pendiri bangsa Kim Il-sung.

Gaya rambut di Korea Utara. (Twitter/Mika Mäkelainen)

Mika bahkan mencoba salah satu salon di negara itu, memilih potongan rambut yang katanya 'paling populer'. Ia menggambarkan pengalaman tersebut sebagai sensasi 'terbaik mencukur dan pijat kepala yang pernah dimilikinya'.

"Pria Korea Utara dapat memilih di antara 15 gaya potongan rambut yang disetujui sang pemimpin. Aku memilih yang paling populer dan tak terlihat seperti Kim Jong-un," tulis Mika.

"Kesetaraan di Korea Utara: laki-laki dan perempuan di sana memiliki 15 model potongan rambut yang disetujui. Anda bisa lupa mewarnai rambut Anda," imbuh Mika.

Menurut para pengguna Twitter, poster di Korut itu mungkin hanya sebagai panduan bagi pelanggan bukannya 'gaya wajib'.

1 dari 2 halaman

Potongan Rambut Wajib Gaya Kim Jong-un

Sebelumnya pada 2015 dilaporkan bahwa Kim Jong-un telah memerintahkan orang-orang untuk mengikuti gaya rambutnya, di mana panjang maksimum hanya 2 cm.

Siapa pun yang melanggar pedoman ketat itu akan berhadapan dengan otoritas setempat. Terutama di perguruan tinggi, orang-orang dipantau untuk tak bergaya kapitalis.

Seperti Liputan6.com kutip dari ABC Australia, kunjungan ke salon diawasi ketat para polisi rahasia. Siapapun harus taat dan patuh mengikuti gaya rambut yang ditetapkan negara.

Khusus untuk mahasiswa, mereka harus semirip mungkin dengan pemimpin tertinggi Kim Jong-un.

Gaya rambut Kim Jong-un -- dua sisi dipangkas tipis, dengan bagian tengah lebih tebal lebih militeristik daripada ayahnya, Kim Jong-il. Gaya rambut Kim senior yang mekar, plus sepatu berhak tinggi yang ia pakai, disebut-sebut merupakan upaya untuk membuatnya terlihat lebih tinggi.

Menurut mantan penduduk Pyongyang sekarang tinggal di China, gaya rambut Kim Jong-un sebenarnya tidak populer karena menyerupai gaya 'penyelundup China'. "Sampai pertengahan 2000-an , kami menyebutnya ' potongan rambut penyelundup China," kata sumber itu kepada Korea Times. Kini semua mahasiswa justru harus menirunya.

Sementara itu, kaum wanita di Korea Utara masih terhindar dari kewajiban bergaya untuk tampil di depan publik seperti model rambut Kim Jong-un. Kendati demikian disarankan untuk mengikuti istrinya, gaya rambut bob Ri Sol-ju.

Artikel Selanjutnya
5 Selebritas Hollywood dengan Potongan Rambut Aneh bin Ajaib
Artikel Selanjutnya
Tata Cara Menyisir Seperti Ini Bisa Merusak Rambut