Sukses

Mantan Paus Benediktus Rayakan Ultah ke-90 dengan Segelas Bir

Paus Emeritus Benediktus Benediktus XVI merayakan ulang tahunnya yang ke-90 pada 16 April 2017, ia menenggak segelas penuh bir.

Liputan6.com, Berlin - Paus Emeritus Benediktus XVI merayakan ulang tahunya yang ke 90 pada 16 April 2017 lalu dengan cara unik, yaitu meminum segelas penuh bir.

Hal tersebut dilakukan di kampung halamannya di Jerman. Tidak sendirian Paus menikmati minuman tersebut bersama beberapa kerabatnya. Termasuk sang kakak Georg Ratzinger.

Foto mengenai perayaan ulang tahun Paus Emeritus ini pertama kali dikeluarkan oleh surat kabar Vatikan, L'Osservatore Romano.

Dalam foto tersebut Paus Emeritus selalu memperlihatkan senyum lebarnya. Ia pun semakin gemberia setelah diberi sekantong hadiahnya yang di dalamnya terdapat pretzels.

Pria yang bernama asli Joseph Aloisius Ratzinger lahir pada 1927. Pada 28 Februari 2013, Paus Benediktus XVI resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pemimpin Takhta Suci Vatikan.

Paus Emeritus Benediktus XVI bersulang dengan dengan Perdana Menteri Bavaria Horst Seehofer saat merayakan ulang tahunnya yang ke-90 di Vatikan (17/4). (L'Osservatore Romano/Pool Photo via AP)

Alasannya, beliau terlalu tua untuk menjadi pemimpin Umat Katolik. Usianya sepuh, sudah 85 tahun. Karena itu ia merasa tak sanggup menjalankan tugas-tugasnya dengan baik.

Pria Jerman ini diangkat jadi Paus menyusul wafatnya Paus Yohanes Paulus II. Ia menjadi Paus di usia 78 tahun, salah satu Paus tertua yang terpilih dalam sejarah.

Mundurnya Paus ke-265 ini adalah yang keempat kali dalam sejarah Vatikan, yang terakhir terjadi tahun 1415. Sementara, di era modern, ini adalah yang pertama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini