Sukses

Pesawat Jatuh dan Menimpa Truk hingga Terbakar, 5 Orang Tewas

Para pejabat mengatakan kecelakaan pesawat itu terjadi saat langit cerah dan embusan angin tak begitu kencang.

Liputan6.com, Lisbon - Sebuah pesawat kecil jatuh menimpa sebuah truk yang berada di samping supermarket Lidl di Portugal. Empat orang di dalam pesawat itu tewas dan satu korban lain berada di darat.

"Empat orang luka ringan," kata layanan darurat seperti dikutip dari News.com.au, Selasa (18/4/2017).

"Korban tewas termasuk pilot Swiss, tiga penumpang pesawat dari Prancis, dan seorang sopir truk Portugal," kata komandan operasional layanan darurat Miguel Cruz kepada The Associated Press.

Sopir truk itu tengah menurunkan kargo di belakang supermarket, sekitar 2 kilometer dari landasan pacu, ketika pesawat jatuh di dekatnya dan terbakar.

"Pesawat yang terdaftar milik Swiss itu jatuh tak lama setelah lepas landas pada siang hari dari sebuah lapangan terbang kecil, 20 kilometer sebelah barat ibu kota Portugal," kata Cruz.

Para pejabat mengatakan kecelakaan pesawat itu terjadi saat langit cerah dan embusan angin tak begitu kencang. Menurut pihak lapangan terbang, kapal terbang yang terlibat adalah jenis bermesin ganda Piper PA-31 Navajo.

Usai kecelakaan pesawat, lapangan terbang itu ditutup untuk penyelidikan pihak berwenang.

Sejauh ini pihak berwenang menolak mengidentifikasi korban tewas hingga diperoleh data dari pihak penerbangan. Sementara mereka yang cedera akibat shock dan menghirup asap dari kebakaran sudah dalam penanganan medis.

Kecelakaan itu terjadi sekitar 150 meter dari sebuah sekolah dasar.

"Sekitar tiga lusin kendaraan pemadam kebakaran bergegas ke tempat kejadian, tiba dalam waktu enam menit," kata pejabat berwenang.

Setelah terjadi kebakaran, rumah di dekatnya tertutup asap hitam. Sembilan orang terpaksa keluar dari dalam tempat tinggal mereka.

Berikut ini kondisi usai pesawat jatuh dan menimpa truk tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.