Sukses

Presiden Duterte Orang Paling Berpengaruh di Dunia Versi Time

Sosok Duterte mendunia lewat berbagai pernyataan kontroversialnya. Meski demikian, pamornya di dalam negeri tetap terjaga.

Liputan6.com, Washington, DC - Presiden Filipina Rodrigo Duterte memenangkan jajak pendapat pembaca yang dilakukan majalah Time untuk merilis daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia. Menurut Time, Duterte konsisten memimpin survei tahunan yang berakhir pada Minggu 16 April 2017 malam.

Seperti dilansir Time.com, Selasa, (18/4/2017), Duterte menerima lima persen dari suara "yes" dalam jajak pendapat tersebut. Sementara itu, para kompetitornya meraih tiga persen.

Sejak menjabat pada Juni 2016, Duterte telah melancarkan perang agresif terhadap narkoba. Kebijakannya ini diprediksi telah menewaskan lebih dari 8.000 orang.

Perang kontroversialnya terhadap narkoba mengundang keprihatinan dari kelompok pegiat HAM dan beberapa pihak, bahkan koleganya di pemerintahan Wakil Presiden Leni Robredo.

Duterte tidak segan memaki mereka yang mengkritik kebijakannya. Sebut saja ia pernah menghardik Barack Obama dengan julukan "son of b*tch".

Julukan yang sama juga pernah disematkannya kepada Uni Eropa setelah organisasi kawasan itu memintanya menahan diri dan memikirkan kembali kebijakan perang kontroversianya terhadap narkoba. 

Sejumlah tokoh lain menjadi "kompetitor" Duterte dalam jajak pendapat majalah Time, di antaranya adalah Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Paus Fransiskus, Bill Gates, dan Mark Zuckerberg. Mereka menerima tiga persen dari suara "yes".

Pada tahun 2016, politisi Amerika Serikat yang juga merupakan Senator asal Vermont, Bernie Sanders dipilih pembaca Time sebagai orang paling berpengaruh di dunia. Presiden Rusia Vladimir Putin menduduki posisi serupa pada tahun 2015.

Secara resmi, majalah Time akan mengumumkan daftar orang paling berpengaruh di dunia pada 20 April 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini