Sukses

Ini 8 Film Horor yang Punya Kemampuan Membunuh Sungguhan

Liputan6.com, Jakarta - Film horor sarat dengan adegan mengerikan dan menegangkan, bahkan disertai alur pembunuhan yang bisa bikin jantung copot.

Namun, ada beberapa film yang tak sekedar menewaskan karakter dalam ceritanya.

Film horor bisa saja bikin gentar para penonton, bahkan, untuk mereka yang memiliki riwayat sakit jantung, akibatnya bikan fatal.

Sebagian korbannya bahkan kehilangan nyawa di tempat pembuatan film horor.

Misalnya, seperti dikutip dari therichest.com pada Senin (17/4/2017), ada pelakon dan awak yang terlibat dalam kecelakaan aneh yang kian menambah ngeri sebuah film horor. Mereka seakan terkena kutukan.

Tak hanya itu, seorang pria berumur 65 tahun meninggal akibat serangan jantung setelah menonton The Conjuring 2 pada Kamis malam, 16 Juni 2016.

Awalnya ia mengeluh merasakan sakit di dada dan kemudian pingsan ketika menyaksikan film tersebut di Bioskop Sri Balasubramaniar, Tiruvannamalai, India selatan.

Pria asal Andhra Pradesh tersebut kemudian dilarikan ke Old Government Hospital, demikian laporan The Times of India.

Berikut ini adalah sejumlah film horor yang diliputi dengan kisah tragis melibatkan para awak ataupun pelakon film:

1 dari 9 halaman

1. The Nightmare on Elm Street

(Sumber Flickr /Steve Beger)

Salah satu karakter film horor paling ikonik adalah Freddy Krueger dalam film The Nightmare on Elm Street.

Tokoh jahat namun rentan seperti orang biasa itu digambarkan memiliki wajah yang rusak, tapi dengan kekuatan luar biasa untuk masuk dalam mimpi seseorang.

Freddy membunuh orang dengan cara menyerang mereka dalam mimpi-mimpi yang menyeramkan sehingga akhirnya korban benar-benar meninggal.

Meski karakternya fiksi belaka, ada saja yang menjadikannya sebagai inspirasi.

Pada September 2004, seorang pria penderita paranoid skizofrenik bernama Daniel Gonzalez melakukan serangkaian pembunuhan dan mencederai beberapa orang lainnya karena kemarahan yang dipicu oleh obat-obatannya. Ia menjelaskan pembunuhan itu seperti mengalami orgasme.

Daniel ditangkap dan pernah mencoba bunuh diri dengan menggigit sendiri nadi di tangannya. Ia ditolong, tapi kemudian berhasil bunuh diri pada 2007 setelah menyayat pergelangan tangannya menggunakan patahan kotak CD.

2 dari 9 halaman

2. Poltergeist

(Sumber  (Flickr/jvoves)

Dalam sebuah film tahun 1982, liburan suatu keluarga berubah menjadi horor karena hantu-hantu jahat menyerbu masuk rumah mereka, lalu menculik seorang anak perempuan bernama Carol Anne yang diperankan oleh Heather O'Rourke. Kakak perempuan bernama Dana diperankan oleh Dominique Dunn.

Dalam film, saudara lelaki bernama Robbie memasang poster laga pertandingan Super Bowl XXII yang baru berlangsung 6 tahun kemudian pada 1988 di San Diego.

Diduga film itu mengandung 'kutukan". 

Heather O'Rourke meninggal pada usia 12 tahun karena kesalahan diagnosis kedokteran sehari sesudah Super Bowl tersebut.

Sementara itu, pada 1999, Dunne meninggal karena dicekik oleh mantan kekasihnya, John Thomas Sweeney, di jalur masuk rumah. Cekikan itu menyebabkan koma sehingga ia meninggal 5 hari kemudian tanpa sempat sadar lagi. Dunne berusia 22 tahun.

3 dari 9 halaman

3. Queen of the Damned

(Sumber Wikimedia/MikaV)

Pada 2002, tayangan vampire Queen of the Damned diluncurkan, seakan seperti tayangan kultus karena mulai tayang setelah kematian salah satu artis utamanya, Aaliyah.

Artis  itu meninggal dalam kecelakaan pesawat terbang setelah menyelesaikan perannya sebagai Queen Akasha. Namun, satu nyawa lagi kemudian juga melayang.

Setelah berulang-ulang menonton film itu, Allan Menzies mengaku didatangi oleh Akasha melalui sebuah mimpi. Akasha yang berpakaian ketat diperankan ole Aaliyah.

Disebutkannya, Akasha memerintahkan untuk membunuh seseorang dan meminum darahnya agar Menzies bisa berubah menjadi vampir mendapatkan kehidupan kekal.

Menzies mentaati pesan itu dan membunuh seorang sahabatnya, Thomas McKendrick dengan cara memukul 10 kali pada kepala korban menggunakan palu yang dilanjutkan dengan tikaman.

Allan kemudian meminum darah temannya yang meninggal, menyantap sebagian wajah temannya dan menyembunyikan kejahatan dengan cara mengubur jasad korban dalam kuburan dangkal.

Jasad itu ditemukan, Allan ditangkap dan dalihnya sebagai seorang gila tidak diterima. Ia dijatuhi hukuman seumur hidupnya, tapi bunuh diri pada 2004 dalam sel penjara.

4 dari 9 halaman

4. The Exorcist

(Sumber Flickr/Ricky Brigante)

The Exorcist memang menyeramkan dan cukup maju pada zamannya sehingga para penonton bahkan berteriak-teriak hingga bergegas lari keluar bioskop dalam kondisi ketakutan. Pembuatan film itu pun marak peristiwa janggal.

Selama pemuatan, ada beberapa kecelakaan dan kebakaran di tempat pembuatan film. Lalu ada kematian mendadak di antara kerabat awak dan pelakon film sehingga pendeta pun dilibatkan untuk memberkati tempat pembuatan film. Bahkan, menurut sang pendeta, setan tidak ingin film itu dibuat.

Film tetap dibuat dan para pelakon mulai berguguran. Burke Dennings adalah sosok yang meninggal dalam film karena jatuh dari sebuah jendela. Setelah film diluncurkan, aktor Jack MacGowran yang melakonkan Dennings meninggal karena flu.

Sementara itu, kematian mendadak pada kerabat awak film semakin menambah kengerian.

5 dari 9 halaman

5. Scream

(Sumber Max Pixel)

Scream adalah film horor 1990-an yang menarik banyak penggemar. Tapi ada orang-orang yang terlalu menggemari sehingga memutuskan untuk meniru si jahat penyayat dalam film tersebut.

Pada 1996, media diramaikan dengan kasus pengemudi truk bernama Thierry Jaradin yaang secara brutal menyayat tetangganya bernama Alisson Cambier yang berusia 15 tahun setelah remaja itu menolak ajakan melakukan seks. Pria itu menikam 30 kali, lalu kemudian ditangkap dan dijatuhi hukuman.

Pada 1999, ada kasus lain yang melibatkan Daniel Gill (14) dan Robert Fuller (15), dua remaja dengan riwayat kekerasan dalam rumah tangga, untuk meniru adegan Scream dalam membantai Ashley Murray (13). Mereka menjebak korban ke suatu bukit dan menikam “teman” itu sebanyak 13 kali, lalu meninggalkan korban dalam keadaan sekarat.

Murray mengunakan segala taktik penyintasan selama 2 hari sampai akhirnya ditemukan seorang pria yang sedang membawa anjingnya berjalan-jalan. Korban bahkan maju menjadi saksi korban kasus tersebut dalam pengadilan.

6 dari 9 halaman

6. The Omen

(Sumber Wikimedia/ranah publik)

Tiga tahun setelah film The Exorcist, keluarlah film The Omen yang dibintangi oleh Gregory Peck. Jauh lebih menyeramkan karena isinya tentang penjelmaan setan menjadi manusia.

Diceritakan adanya kelahiran seorang anak yang di kepalanya tertera angka 666, suatu angka seringkali menjadi angka perlambang setan.

Tak lama kemudian, orang-orang di sekitarnya meninggal dunia, mulai dari abangnya, pengasuh, dan bahkan ibunya. Gregory Peck memainkan peran sebagai ayah yang malang yang dilanda ketakutan demi ketakutan tentang apa yang diungkapkannya.

Film ini pun dikaitkan dengan kejadian-kejadian aneh. Pesawat terbang Peck disambar petir, sutradara Richard Donner terlibat dalam kecelakaan, dan pelatih hewan untuk film itu meninggal disantap salah satu harimau yang diasuhnya.

Yang paling janggal adalah kematian pengaruh efek khusus John Richardson, perancang adegan pemenggalan kepala dalam kisah film.

Pada suatu hari Jumat tanggal 13, ia terlibat dalam kecelakaan mobil parah sehingga mencopot kepala asistennya yang bernama Liz Moore.

Ketika Richardson keluar dari mobil, ia melihat penanda yang menuliskan sedang berada 66,6 mil jauhnya dari kota Ommen di Belanda.

7 dari 9 halaman

7. The Crow

(Sumber Flickr/Elizabeth Rios)

Walaupun bukan benar-benar film horor, The Crown termasuk film fantasi suram yang menciptakan kengerian selayaknya film horor.

Di hari pertama rekaman film oleh Alex Proyas itu, seorang anggota tim tak sengaja mengemudi mobil derek ke kabel listrik sehingga ia terbakar parah.

Banyak kecelakaan terjadi di tempat pembuatan film, termasuk yang paling tragis dengan meninggalnya Brandon Lee, putra aktor legendaris Bruce Lee.

Pistol revolver yang seharusnya kosong ternyata memiliki sebutir peluru di dalamnya. Brandon Lee tidak sengaja tertembak perutnya saat sedang merekam suatu adegan.

Penembaknya adalah aktor Michael Massee yang tidak bisa melupakannya walaupun cuti selama setahun penuh.

Brandon kemudian dimakamkan di lahan di samping makam ayahnya. Lahan itu sendiri disediakan ibunya untuk diri sendiri, tapi kemudian memberikan lahan makam itu untuk putranya yang meninggal secara tragis.

8 dari 9 halaman

8. The Dark Knight

(Sumber Flickr/quintanomedia)

The Dark Knight juga bukan film horor, tapi dipenuhi dengan kisah-kisah maut. Film Batman ini dianggap ikut andil dalam kematian Heath Ledger, sehingga meremukkan hati kekasihnya dan anak perempuan yang masih kecil, serta jutaan penggemarnya.

Kematiannya disebabkan campuran maut obat resep, beberapa bulan setelah usainya pembuatan film. Disebutkan bahwa penghayatannya akan sosok The Joker ikut menyebabkan dirinya depresi dan terganggu.

Tapi ada lagi kematian yang janggal. Pelakon pengganti bernama Conway Wickliffe sedang menyembulkan dirinya ke luar sebuah mobil ketika melakukan latihan laga, tapi pengemudi mobilnya gagal berbelok 90 derajat sehingga menabrak sebatang pohon. Wickliffe mengalami cedera parah di kepala dan meninggal di tempat.

Kisah yang paling menyedihkan adalah penembakan di Colorado, ketika seorang pria bersenjata bernama James Eagan Homes membuka tembakan pada beberapa pengunjung Century 16 Theater di Aurora.

Kejadian berlangsung saat mereka sedang menonton film The Dark Knight itu sendiri dan pelaku merasa dirinya adalah Joker. Sebanyak 12 orang meinggal dunia dan 70 orang lagi mengalami cedera.

Artikel Selanjutnya
Ini Kata-Kata Terakhir 8 Selebritas Sebelum Tewas
Artikel Selanjutnya
6 Misteri Mengerikan tentang Karakter Film Horor Populer