Sukses

Liontin Emas dari Bangkai Titanic Kuak Kisah Cinta Memilukan...

Liputan6.com, Las Vegas - Kapal Titanic yang tenggelam di lautan beku pada 15 April 1912 mencerai-beraikan ikatan keluarga, juga cinta. Anak-anak yang terpisah dari orangtuanya, istri yang berpisah dari suami, atau sepasang kekasih yang harus mengucapkan selamat tinggal untuk selamanya.

Sebuah kisah cinta, yang lebih memilukan dari kisah Jack dan Rose dalam Film Titanic, terkuak lewat sebuah liontin yang bisa diisi potret atau locket.

Liontin dari emas 18 karat itu memuat inisial 'VC'. Bandul kalung tersebut adalah milik Virginia Estelle McDowell Clark.

Virginia adalah penumpang kelas satu Titanic. Kala itu, ia hendak pulang ke Amerika Serikat dari perjalanan bulan madu -- yang dilakukan terlambat -- bersama sang suami, Walter Miller Clark.

Mereka sengaja mempercepat bulan madu, demi bisa pulang ke Los Angeles, untuk merayakan ulang tahun putra mereka yang ke-2.

Namun, di tengah perjalanan, Titanic menabrak gunung es. Walter membantu istrinya masuk ke sekoci, dan tetap tinggal di atas bahtera yang kala itu nyaris karam.

"Ketika mereka tiba di dek, awak kapal masih memisahkan pria dari perempuan dan anak-anak dan menempatkan Virginia di salah satu sekoci," kata kurator sekaligus wakil presiden Premier Exhibitions, Alexandra Klingelhofer, seperti dikutip dari Time, Jumat (14/4/2017).

Sekoci itu, menurut dia, seharusnya bisa memuat penumpang tambahan. Kapal kecil itu justru dipenuhi logistik dan menyisakan beberapa kursi kosong.

"Yang tak mereka ketahui, Walter bisa saja naik ke sekoci bersama sang istri, namun itu tak dilakukannya. Pria itu tetap tinggal bersama sejumlah penumpang pria dari kelas utama, dengan tegar, hingga Titanic tenggelam."

Liontin tersebut ditemukan pada 1994 di bangkai Titanic, bersama sejumlah benda-benda pribadi milik pasangan Clark.

Bangkai kapal Titanic di dasar Laut Atlantik (Wikipedia)

Virginia telah meninggal dunia pada 1957 atau 1958. Sementara, sang putra juga sudah tutup usia sebelum barang berharga milik orangtuanya diidentifikasi.

Liontin tersebut dipamerkan dalam sebuah pameran yang sedang berlangsung di Las Vegas, sebagai bagian dari peringatan ke-105 tahun tragedi tersebut. 

Tragedi serupa juga menimpa pasangan miliarder John Jacob Astor dan istri barunya yang masih muda, Madeleine Astor.

Madeleine Astor dan suaminya John Jacob Astor menjadi penumpang Titanic (Wikipedia)

Madeleine berhasil selamat dari musibah Titanic. Ia yang sedang hamil 8 bulan dinaikkan ke sekoci No 4.

Sang suami tak ikut naik kapal penyelamat. JJ Astor, salah satu pria paling kaya di dunia itu sempat membantu perempuan dan anak-anak masuk ke dalam sekoci dan tetap tinggal di Titanic hingga kapal itu karam.

Madeleine Astor menikah lagi di tengah Perang Dunia I, kehilangan hak atas kekayaan yang ia warisi dari mendiang suaminya yang tewas di Titanic.

Artikel Selanjutnya
Jose Poernomo Garap Film Horor Ruqyah: The Exorcism
Artikel Selanjutnya
Film Horor Bayi Ajaib akan Didaur Ulang Dee Company