Sukses

Sepeda Unik Ini Tak Butuh Rantai

Liputan6.com, Venice - Dulu sekali, sepeda tidak memakai rantai, namun roda penggerak dibuat sangat besar sehingga tempat duduk pengemudi menjadi sangat tinggi dan ada risiko jatuh hingga cedera.

Kemudian, diciptakanlah sepeda dengan rantai penggerak.

Tapi, rantai sepeda terkadang malah merepotkan karena harus selalu dibersihkan dan diberi pelumas -- yang mengotori ketika tersentuh.

Ada beberapa alternatif mengunakan sabuk atau bahkan alternator, tapi seorang pencipta bernama Sean Chan dari Venice, Florida, Amerika Serikat, memiliki gagasan lain.

Dikutip dari New Atlas pada Rabu (12//4/2017), sepeda tidak berantai itu dinamainya Chainless Bike yang berarti, begitulah, "sepeda tak berantai."

Namun demikian berbeda dengan Hank Direct Bike besutan Bygen, sepeda ciptaan Chan menempatkan pengendara sepeda bukan di posisi tengah, tapi di atas roda belakang.

Penggerak juga berada di roda belakang dan mencakup sistem gigi internal sehingga satu kayuhan pengendara tidak hanya satu putaran roda agar tidak melelahkan.

Pengendara Chainless Bike juga bisa sejenak berhenti mengayuh dan meluncur begitu saja.

Rantai sepeda terkadang malah merepotkan karena harus selalu dibersihkan dan diberi pelumas yang mengotori ketika tersentuh. (Sumber Chainless Bike)

Salah satu kemudahan yang menarik adalah Rapid Turning System. Ketika diaktifkan, roda belakang melakukan pivot secara relatif terhadap rangka, sebagaimana pivot roda depan di sepeda konvensional.

Kemudahan itu memungkinkan sepeda melakukan belokan tajam dan beberapa hal lainnya.

Sepeda itu akan dibuat dalam versi biasa maupun versi lipat dan sekarang sedang mengunggu pendanaan melalui kampanye Kickstarter.

Harga bagi para pendukung permodalan dimulai dari US$799, sedangkan harga eceran nantinya diperkirakan pada angka US$ 1000.

 

Artikel Selanjutnya
Perlukah Menguras Minyak Rem Mobil?
Artikel Selanjutnya
Simfoni Knalpot Bikers Jepang, Keren