Sukses

10 Kode Sandi Pilot dan Makna di Baliknya

Berikut merupakan 10 kode sandi yang sering digunakan para pilot beserta makna yang ada di baliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pilot maskapai pesawat komersial telah menyingkap tabir mengenai jargon industri penerbangan yang membingungkan para penumpang yang tidak berpengalaman atau jarang menggunakan moda transportasi itu.

Patrick Smith, penulis buku Cockpit Confidential, mengungkap makna dibalik kode dan kata sandi yang digunakan awak penerbangan pada halaman situs pribadinya, Ask The Pilot.

"Ada sejumlah orang yang beberapa kali bepergian menggunakan pesawat dan masih awam terhadap kata-kata yang digunakan pada penerbangan," kata Smith seperti yang dikutip The Daily Mail, Senin, (9/4/2017).

Berikut 10 kata sandi beserta makna dibaliknya seperti yang sering digunakan oleh awak penerbangan maskapai pesawat komersial:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Doors To Arrival

Ini merupakan sebuah instruksi yang bersifat kritis yang ditujukan kepada pramugara atau pramugari untuk bersiap-siap karena pesawat akan segera mendarat.

"Tujuan kata sandi ini agar para awak kabin segera menonaktifkan sistem perosotan darurat yang menempel di pintu. Untuk mencegahnya mengembang di gate," kata Smith.

"Jika hal itu tak dilakukan, maka perosotan darurat secara otomatis akan mengembang saat pintu dibuka."

3 dari 11 halaman

2. Crosscheck

Kata tersebut diucapkan seperti pada; 'flight attendats, doors to arrival and crosscheck'

Crosscheck atau cek silang adalah istilah yang digunakan pilot dan awak kabin yang berarti bahwa mereka harus memeriksa tugas rekan lainnya.

Di dalam kabin, pramugara atau pramugari saling memeriksa apakah tugas telah dilaksanakan. Misalnya, untuk memastikan pintu darurat diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai kebutuhan. 

4 dari 11 halaman

3. All-Call

Kata tersebut sering dipasangkan dengan instruksi untuk pramugara atau pramugari.

"Itu adalah permintaan agar masing-masing awak kabin melaporkan lewat interkom dari posnya pasing-masing," kata Smith.

5 dari 11 halaman

4. Flight Deck

Sinonim dari kokpit atau kabin tempat pilot dan kopilot berada.

6 dari 11 halaman

5. Final Approach

Bagi pilot, sebuah pesawat berada pada kondisi final approach ketika mendekat ke landasan pacu untuk mendarat, apabila mencapai bagian lurus pada jalur pendaratan, atau berada sejajar dengan garis tengah landas pacu -- yang tidak membutuhkan manuver tambahan.

Ketika awak kabin yang mengatakan kata itu, maknanya lebih bersifat umum, yang berarti, ujung kapal terbang sudah berada di posisi terdepan landasan.

7 dari 11 halaman

6. Direct Flight

Arti direct flight atau penerbangan langsung tak sama dengan 'non-stop' flight -- yang sama sekali tidak berhenti, dari lepas landas hingga tujuan akhir.

Penerbangan langsung bermakna, sebuah penerbangan dengan rute yang tidak berubah, "namun terbuka kemungkinan pesawat akan berhenti untuk melakukan transit penumpang," kata Smith.

 

8 dari 11 halaman

7. Air Pocket

Istilah pilot untuk turbulensi singkat.

9 dari 11 halaman

8. Deadhead

Kata ini bermakna mengenai proses pertukaran posisi antara kru yang bertugas.

Misalnya, pramugara dan pramugari yang sedang melakukan pertukaran posisi pos tugas dengan sesama awak kabin yang lain. Atau, pilot yang bertukar pos tugas dengan kopilot.

10 dari 11 halaman

9. Ramp

Atau biasa disebut apron

Istilah ini berbeda dengan sinonimnya yang digunakan untuk mendefinisikan jembatan penyeberangan saat boarding.

Istilah ramp yang dimaksud digunakan untuk menggambarkan situasi ketika pesawat yang sudah landas sedang melakukan manuver mendekat ke terminal atau wilayah lain dekat dengan bandara.

11 dari 11 halaman

10. Tarmac

'Tarmac' merupakan singkatan untuk 'Tar-grouted macadam', sebuah metode pendaratan untuk merasakan kondisi halus-tidaknya permukaan aspal pada landasan.

Kata ini ditemukan oleh seorang pria asal Derbyshire, Inggris pada tahun 1830-an dan diadopsi oleh komunitas pilot pesawat komersial. 

Oleh pilot, kata tarmac digunakan untuk merujuk kondisi kerikil aspal yang menjadi cair saat terjadi kontak dengan ban pesawat saat pendaratan.

Aspal yang bagus akan mencair apabila bergesekan dengan ban pesawat yang panas.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini