Sukses

Detik-Detik Ledakan Bom di Gereja Alexandria Mesir

Gerak-gerik pelaku bom bunuh diri di Gereja Koptik St Mark di Alexandria, Mesir, tertangkap kamera CCTV.

Liputan6.com, Kairo - Rekaman CCTV yang menunjukkan detik-detik peristiwa ledakan di Gereja Koptik St Mark di Alexandria, Mesir, beredar di dunia maya.

Dalam rekaman tersebut, gerak-gerik pelaku tertangkap kamera sebelum akhirnya ia meledakkan diri.

Rekaman yang berdurasi satu menit 17 detik itu menyorot dari dua sudut bangunan yang berbeda. 

Sudut pertama menunjukkan rekaman CCTV yang berada di sisi luar gedung yang menyorot trotoar, jalan, dan gerbang masuk gereja. Rekaman itu menunjukkan seorang pria berjaket yang menggunakan ransel berusaha masuk ke dalam gereja melalui sebuah gerbang besar.

Namun, ia dihalau oleh seseorang yang tampak seperti petugas keamanan. Si pria beransel itu mengubah arah masuknya melalui sebuah gerbang kecil yang dilengkapi alat pendeteksi logam.

Tampak juga dua perempuan yang berdiri di dekat pria itu saat ia hendak masuk melalui gerbang kecil. Tak lama kemudian, CCTV merekam ledakan bom.

Sudut kedua menunjukkan sebuah gerbang masuk besar, gerbang masuk kecil, dan trotoar pejalan kaki di depan gereja. Alat CCTV yang merekam peristiwa itu berada di sisi dalam yang menyorot tampak luar bangunan.

Dalam rekaman itu, tampak sejumlah orang yang sedang duduk dan berdiri di pekarangan sisi dalam gereja. Sementara itu, tampak seorang petugas keamanan yang berjaga di depan gerbang masuk besar dan sejumlah petugas keamanan yang menjaga gerbang masuk kecil. 

Setelah beberapa detik berlalu, rekaman itu menggambarkan bahwa gerbang masuk kecil merupakan titik pemeriksaan dan alat pendeteksi logam bagi orang yang akan masuk ke dalam Gereja St Mark. Terlihat sejumlah orang mengantre menunggu pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas keamanan.

Selanjutnya, rekaman CCTV menunjukkan seorang petugas keamanan yang menjaga gerbang masuk besar menghalau seorang pria mengenakan jaket dan sebuah tas ransel yang berusaha masuk ke dalam Gereja St Mark.

Petugas keamanan itu meminta agar pelaku masuk melewati gerbang kecil dan diperiksa terlebih dahulu. 

Saat si pria berjaket mengantre, beberapa saat kemudian terjadi ledakan.

Ledakan di Gereja St Mark, Alexandria mengakibatkan 17 orang tewas dan sekitar 41 orang luka-luka.

Berikut video detik-detik ledakan di Gereja St Mark.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.