Sukses

KBRI Filipina Evakuasi 14 Mahasiswa RI Pasca-Gempa Batangnas

KBRI Filipina yang berkedudukan di Manila lakukan evakuasi 14 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pasca gempa di Batangnas.

Liputan6.com, Manila - Dilaporkan ada 14 mahasiswa Indonesia dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dievakuasi dari Batangas oleh KBRI Filipina yang berkedudukan di Manila. 

Evakuasi dilakukan untuk memastikan keselamatan mereka pasca-rangkaian gempa bumi yang terjadi di Batangas, seperti yang dikabarkan oleh Lalu Muhammad Iqbal Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dalam sebuah keterangan pers, yang diterima Liputan6.com pada Minggu, (9/4/2017).

14 WNI di penampungan KBRI Manila (Dokumentasi KBRI Manila)

Keempatbelas mahasiswa tersebut berada di Batangas untuk mengikuti turnamen basket antar universitas se-Asia Pasifik. Saat ini mereka ditampung sementara di KBRI Manila sambil menunggu kepulangan ke Indonesia.

Setidaknya 3 rangkaian gempa berkekuatan 5,7 hingga 5,9 SR terjadi di Batangas, Filipina, sejak tanggal 5-8 April 2017. Meskipun belum ada laporan mengenai korban jiwa, namun media lokal melaporkan adanya kerusakan fisik yang cukup serius di sejumlah wilayah gempa.

Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri, jumlah WNI di Filipina berjumlah 7.567 orang. Sekitar 3.384 orang diantaranya berada di wilayah kerja KBRI Manila dan 4.183 orang sisanya berada di wilayah kerja KJRI Davao.

Pihak KBRI telah melakukan koordinasi dengan komunitas WNI di Batangas dan sekitarnya. Hingga berita ini diturunkan, petugas setempat melaporkan bahwa para WNI di wilayah tersebut dalam kondisi baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Filipina ialah salah satu negara republik di Asia Tenggara
    Filipina ialah salah satu negara republik di Asia Tenggara

    Filipina

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa