Sukses

Kronologi Teror Truk Maut Swedia

Teror truk Swedia bermula saat sebuah truk bermuatan 30 ton dibajak dan menabraki pejalan kaki.

Liputan6.com, Stockholm - Jumat, 7 April pukul 15.00 waktu setempat, salah satu kawasan khusus pejalan kaki terbesar di Kota Stockholm, Drottninggatan (Queen Street), mendadak riuh. Orang-orang berlarian menyelamatkan diri karena ternyata ada truk yang melaju dengan kecepatan tinggi ke arah mereka.

Teror truk Swedia itu bermula saat kendaraan bermuatan 30 ton dibajak dan menabraki pejalan kaki. Truk lalu menghantam bagian depan Ahlens Department Store dan memicu ledakan kemudian terbakar.

Seorang saksi mengatakan ada kereta dorong bayi terlempar ke udara, saat para pejalan kaki yang panik berlarian menyelamatkan diri.

"Tiga orang melompat keluar dari dalam truk dan melepaskan tembakan sebelum menikam pejalan kaki," kata saksi mata lainnya seperti dikutip dari Daily Mail, Sabtu (8/4/2017).

Teroris bersenjata itu terlihat berlari ke stasiun kereta pusat kota di Stockholm dan melepaskan tembakan. Dua orang kabarnya ditikam oleh mereka.

Spendrups Brewery mengatakan truk milik perusahaan merekalah yang dicuri. Sopir aslinya yang belum diidentifikasi, terluka akibat pembajakan karena ia bersikeras bergelantungan pada kendaraannya.

Setidaknya satu orang yang mengenakan balaclava berupaya masuk ke dalam truk dan mengendarainya, lalu menjatuhkan korban yang berupaya merebut kendaraan itu. Si sopir terluka, tapi tak mengancam nyawa.

Dua orang kemudian dilumpuhkan polisi dan ditangkap. Polisi menginvestigasi mereka, tapi keduanya tak dicurigai terlibat kejahatan apa pun.

Polisi lalu merilis CCTV pria yang melarikan diri, mengenakan jaket hijau, sepatu putih dan hoodie abu-abu.

Petugas mengatakan terduga pelaku teror truk Swedia pertama ditangkap pada Jumat malam di Marsta, berdasarkan sketsa pria dalam CCTV. Aksi kejar-kejaran pun terjadi saat penangkapan tersebut.

Gambar mengerikan berupa darah tersimbah di jalan dekat Ahlens Department Store, dan jasad yang ditutupi oleh selimut kemudian beredar.

Total empat orang tewas dan 15 lainnya luka-luka dalam insiden teror truk maut Swedia itu.

Perdana Menteri Swedia, Stefan Lofven, kemudian datang ke lokasi teror truk maut di Stockholm. Ia meletakkan buket mawar merah dan menyalakan lilin di luar toko Ahlens.

Dalam pidato pada Jumat malam, PM Lofven mengatakan bahwa nilai-nilai demokrasi dan kebebasan Swedia tidak akan "dirusak oleh kebencian" semacam serangan teror truk itu.

Serangan teror truk Swedia ini terjadi hanya 16 hari setelah teror Inggris di Westminster Bridge yang dilakukan oleh Khalid Masood. Ia menggunakan mobil untuk membunuh lima orang sebelum menikam seorang polisi hingga tewas di luar Gedung Parlemen.

Tahun 2016 lalu, teroris ISIS menggunakan truk untuk membunuh lusinan orang di Berlin dan Nice.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.