Sukses

10 Pemecahan Rekor yang Mencengangkan Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Rekor dunia biasa diisi dengan hal-hal terbesar, tercepat, terjauh, tersulit, dan sejenisnya.

Alasan pemecahan rekor pun bisa bermacam-macam. Ada yang memang ingin meraih sesuatu, ada yang ingin terkenal, dan ada juga yang menarik perhatian demi kepentingan amal ataupun agenda lain.

Seperti dikutip dari Oddee pada Kamis (6/4/2017), berikut ini adalah 10 upaya nyeleneh meraih rekor dengan alasan masing-masing:

1. Pernikahan Massal  104 Pasangan Kebutuhan Khusus 

Ilustrasi pernikahan di Delhi, India. (Sumber Wikimedia)

Pada 2017, ada 104 pasangan berbeda kebutuhan khusus Mass Wedding melakukan pernikahan massal di Ujjain Madya Pradesh, India.

Pernikahan 77 pasangan Hindu, 26 pasangan Muslim, dan 1 pasangan Sikh itu pun tercatat dalam Golden Book of World Records.

Sertifikat rekor diberikan oleh pihak Golden Book kepada Union Minister of Social Justice and Empowerment Thawar Chand Gehlot dan juga kepada District Collector, Sanket Bhondve.

2. Ada 404 Orang Berpakaian Seperti Albert Einstein 

MaRSfromCollege (Sumber Wikimedia)

Suatu kelompok yang terdiri dari 404 orang berkumpul di Toronto pada 28 Maret 2017 lalu demi menciptakan Guinness World Record untuk himpunan terbesar orang berpakaian seperti Albert Einstein.

Para peserta yang datang ke MaRS Discovery District mengenakan blazer, dasi kupu, dan wig besar berwarna putih, lengkap dengan kacamata.

Selain mengalahkan rekor sebelumnya yang terdiri dari 99 orang, himpunan orang saat itu juga memulai kompetisi Next Einstein yang telah dimulai sejak 2013 dengan tujuan "membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik."

Pemenang kompetisi akan mendapat hadiah senilai US$ 10 ribu agar gagasannya bisa menjadi kenyataan. Batas pengiriman ide adalah 25 April dan pengumuman pemenang adalah 6 Juni.

3. Piramida 62 Manusia di Bawah Air 

Teluk Mangga, Koh Tao, Thailand. (Sumber Wikimedia)

Sebanyak 62 orang berkumpul di Teluk Mangga, Koh Tao, Thailand pada 15 Oktober 2013 demi memecahkan rekor piramida manusia di bawah air.

Mereka melakukannya di bawah arahan Tyler Reiser dan Manolo Cabasal dari Amerika Serikat, serta John Shaddick dari Australia.

 

4. Himpunan Terbesar Peniru Harry Potter

(Sumber Wikimedia)

Banyak orang menyukai Harry Potter, sehingga 521 orang ini bahkan memutuskan untuk berkumpuil bersama dan berpakaian seperti Harry Potter. Mereka mengenakan topi sihir, seragam Hogwarts, dan kacamata serupa tokoh cerita tersebut.

Upaya pemecahan rekor itu berlangsung sebagai bagian dari World Book Day pada Maret 2015. Rekor diraih oleh Tanbridge House School di Horsham, West Sussex, Inggris.

1 dari 2 halaman

Karate hingga Seks Massal

5. 3.973 Orang Melakukan Gerakan Kata dalam Karate

Ilustrasi Hari Karate di Okinawa, Jepang. (Sumber kunigami gun)

Pada 23 Oktober 2016, sebanyak 3.973 orang di Okinawa, Jepang, memecahkan rekor terbanyak orang melakukan kuda-kuda (kata) karate secara bersama-sama.

Dalam acara yang dikelola oleh Pemerintah Perfektur Okinawa dan Masyarakat Kemajuan Karate Tradisional Okinawa, para pelaku karate segala usia menggelar kata paling mendasar, yaitu “fukyu-gata 1.”

6. Kumpulan Terbesar Orang Membentuk 'Smiley Face' 

Smiley Face. (Sumber Wikimedia)

Pada 2011, sebanyak 2.226 orang berkumpul di suatu taman di Mahwah, New Jersey, dengan maksud membentuk wajah senyum terbesar menggunakan tubuh manusia.

Walaupun pihak Guinness Book of World Records tidak hadir secara langsung, foto-foto dan perhitungan pada malam itu dikirimkan ke lembaga tersebut yang kemudian meresmikan sebagai rekor 'Smiley Face'.

Rekor sebelumnya diraih pada tahun yang sama di Kroasia.

7. 13.892 Tanda Dilarang Merokok 

Lambang

Dengan mengenakan pakaian lengan panjang berwarna merah, hitam, dan putih, sebanyak 13.892 orang membentuk tanda dilarang merokok terbesar di lapangan bola Bicol University, Filipina, pada 28 Juni 2013.

Menurut John Espiritu yang bertanggungjawab mempersiapkan acara, mengatakan bahwa peserta tanda "dilarang merokok" itu terdiri dari pegawai pemerintah, tentara, polisi, mahasiswa, dan sukarelawan.

8. Pelangi  423 Orang Bergandengan Lengan

Massey University. (Sumber Wikimedia)

Sebanyak 423 mahasiswa Massey University bergandengan lengan membentuk rantai pelangi. Mereka bangkit bersama-sama saat pemecahan rekor Guinness World Record di gedung Oval, kampus Manawatū, pada February 2017.

Dalam pertunjukan dengan koordinasi cermat terkait waktu dan kekuatan, para mahasiswa tersebut memecahkan rekor sebelumnya yang terdiri dari 118 orang bergandengan lengan dan berdiri secara bersamaan.

Upaya pemecahan rekor itu menarik banyak orang, terutama para mahasiswa tahun pertama. Mereka melatih dirimelakukan gerak rumit punggung-ke-punggung dalam 2 baris panjang sambil mengunci lengan orang di sebelahnya untuk kemudian berdiri bersamaan.

9. Perang Bantal 

Ilustrasi perang bantal. (Sumber Flickr/Su--May)

Perang bantal dalam kerumunan terbesar diikuti oleh 6.261 orang di bawah koordinasi My Pillow (USA) di St. Paul, Minnesota, Amerika Serikat, pada Juli 2015.

Upaya pemecahan rekor dilakukan saat berlangsungnya pertandingan St. Paul's Saints di CHS Field. Acara saat itu dihadiri oleh aktor Stephen Baldwin dan Mike Lindell, yang merupakan penemu My Pillow.

10. Seks Paling Akbar (250 pasangan)

Ilustrasi orgy massal. (Sumber Flickr/Daniel2005)

Rekor yang satu ini sebenarnya bukan menjadi peraih rekor Guinness World Record, tapi menjadi favorit banyak orang.

Rekor itu diraih di Jepang pada 2010. Acara dihadiri oleh 250 pria dan 250 wanita dan dilakukan dalam sebuah gudang. Pengambilan gambar dan rekaman keseluruhan acara dilakukan oleh awak profesional.

Walaupun disebut sebagai "orgy", semua 250 pasangan yang teruji bebas penyakit menular seksual dalam tayangan itu melakukan hubungan seks hanya satu kali dengan pasangan masing-masing, bukan dengan pasangan lain.

Artikel Selanjutnya
Sensasi Merasakan Sushi Berbentuk Sneakers
Artikel Selanjutnya
Ribuan Anggota Pramuka Dengarkan Pidato Donald Trump di Virginia