Sukses

Wapres Donald Trump ke Indonesia Pekan Depan? Ini Kata Wadubes AS

Wakil Dubes AS menyatakan kunjungan Mike Pence harus menunggu pengumuman resmi Gedung Putih.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence diagendakan segera melakukan kunjugan kenegaraan ke Indonesia. Desas-desus yang beredar, deputi Donald Trump tersebut tiba di Jakarta pekan depan.

Kabar Pence datang pekan depan dibantah Wakil Duta Besar AS untuk Indonesia, Brian Mcfeeters. Dia mengatakan, lawatan tersebut belum bisa dipastikan kapan.

"Kunjungan tersebut belum diumumkan secara resmi," sebut Mcfeeters di Jakarta Internatioanl Expo Kemayoran, Selasa (5/4/2017).

Kendati demikian, bukan berarti Pence tidak akan datang ke Indonesia. Soal kepastian lawatan yang bisa mengumumkannya hanya pemerintah pusat AS di Washington.

"Kami berharap, kita bisa mendengar pengumuman resmi dari Gedung Putih beberapa hari ke depan. Jadi, Gedung Putih akan mengumumkan itu," papar dia.

Rencana kedatangan Pence pertama kali disampaikan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto. Hal tersebut disampaikan usai dirinya bertemu Dubes AS untuk Indonesia Joseph Donovan.

"Tadi sudah dibincangkan mengenai rencana kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat ke Indonesia," sebut Wiranto dalam keterangan pers kepada Liputan6.com, Selasa (14/3/2017).

"Kita bincangkan substansi apa yang kira-kira nanti bisa dijadikan acuan untuk Presiden Jokowi. Kita bicarakan hal-hal yang menyangkut masalah strategis yang dapat dibicangkan kedua negara," ucap Wiranto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.